Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Bunga Geranium Selain untuk Mengusir Nyamuk

Kompas.com - 03/05/2021, 15:37 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com— Tanaman hias satu ini menjadi pilihan yang tepat jika kamu menginginkan tanaman yang memiliki bunga yang cantik. Namun rupanya, tanaman ini tak hanya cantik, bunga geranium rupanya juga memiliki banyak manfaat.

Bunga Geranium hadir dalam berbagai warna, termasuk merah muda, ungu dan putih. Dengan warna tersebut, bunga ini bisa menghiasi rumah dengan keindahannya.

Tanaman hias ini juga memberikan manfaat untuk kehidupan sehari-hari seperti mengusir nyamuk, baik untuk kesehatan, dan manfaat lainnya.

Berikut adalah deretan manfaat bunga Geranium seperti dilansir dari The Garden Granny, Senin (3/5/2021).

Baca juga: 5 Bunga Beraroma Wangi yang Cocok Diletakkan di Ruangan Saat Lebaran

1. Mengusir nyamuk

Keuntungan pertama memiliki tanaman geranium adalah dapat mengusir nyamuk dari rumah. Ini karena beberapa jenis geranium memiliki aroma yang tidak disukai nyamuk, seperti aroma citrus.

Cara tanaman geranium mengusir nyamuk adalah dengan mengeluarkan aroma yang khas. Tanaman geranium bisa kamu manfaatkan sebagai tanaman hias dalam pot sehingga bisa kamu gunakan untuk menghiasi interior ruang tamu, kamar tidur, dan dekat jendela. Dengan begitu rumah akan terlindungi dari nyamuk dan kamu bisa lebih nyaman berada di dalamnya.

2. Meredakan stres

Meski aroma geranium tidak disukai nyamuk, namun aroma geranium memberikan aromaterapi yang menenangkan. Dengan aromaterapi ini, kamu akan merasa lebih rileks dan segar kembali.

Kamu bisa menggunakan minyak geranium, yang berfungsi sebagai aromaterapi yang menenangkan agar tidurmu lebih nyenyak.

Minyak geranium juga bisa dioleskan di bagian belakang telinga untuk aromaterapi agar rileks, istirahat dan cepat terlelap.

Geranium dalam bentuk teh juga bisa mengurangi stres karena aromanya yang menenangkan. Selain itu, teh geranium memberikan keseimbangan hormon tubuh sehingga kamu tidak terlalu stres dan merasa lebih rileks.

Baca juga: Mengenal Geranium, Bunga Cantik yang Mampu Mengusir Nyamuk

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com