Kompas.com - 27/04/2021, 14:10 WIB
Ilustrasi bunga hortensia/hydrangea Unsplash/JosefinIlustrasi bunga hortensia/hydrangea

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga hortensia atau hydrangea merupakan salah satu bunga terindah di dunia. Bunga hortensia memiliki tampilan yang cantik dan warna yang indah seperti pink, ungu, juga putih.

Tak heran, bila hortensia kini banyak dijadikan sebagai buket bunga. Hydrangea juga memiliki bentuk cukup besar serta unik. Dalam satu tangkainya, hortensia mempunyai banyak kelopak bunga kira-kira puluhan yang berukuran kecil. 

Baca juga: 7 Bahan yang Ampuh Membuat Buket Bunga Tetap Segar dan Tahan Lama

Bunga hydrangea cukup mudah ditemukan di mana pun. Hortensia paling tumbuh subur di Asia Timur, Asia Selatan, Amerika Utara, juga Amerika Selatan. Di Indonesia, bunga ini dapat ditemukan di daerah penggunaan seperti Bandung. Bila berwisata ke Bandung, Anda akan dengan mudah menjumpai bunga hydrangea di sana. 

Bunga ini tidak memerlukan banyak perawatan untuk tumbuh subur, tapi tetap memerlukan perhatian. Selain itu, hortensia dapat ditanam di dalam pot maupun langsung di tanah. Seperti apa penanamannya? Berikut ini cara menanam bunga hortensia di tanah dilansir dari laman Real Simple.  

Baca juga: Cara Mudah Menanam Bunga Matahari di Rumah

Ketahui Kapan Menanamnya

Ryan McEnaney, juru bicara Endless Summer Hydrangea, mengatakan waktu terbaik menanam bunga hydrangea adalah saat suhu sedang pada musim semi dan musim gugur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat musim semi, tunggu sampai melewati embun beku terakhir dan tanah cukup mencair untuk digali dengan mudah. Begitu pun, ketika musim gugur, pastikan sebelum musim dingin tiba karena embun beku dapat merusak tanaman. 

Baca juga: 7 Bunga Cantik yang Bisa Ditanam di Halaman Rumah

“Jika Anda ingin menanam pada musim panas, hindari melakukannya pada hari-hari yang sangat panas dan cerah. Bunga mekar ini mencapai puncaknya pada pertengahan musim panas hingga musim gugur,” kata McEnaney.

Mengingat Indonesia merupakan negara tropis dengan dua musim, kemarau dan hujan, artinya menanam bunga hortensia bisa dilakukan pada musim kemarau. Ingat, jangan pada hari yang  sangat panas dan cerah ya. 

Pilih Lokasi yang Tepat

Hydrangea tumbuh paling baik di area teduh parsial atau secara keseluruhan. “Pastikan ada cukup ruang bagi hydrangea untuk tumbuh, tanah diubah sesuai dengan kebutuhan dan ada jumlah sinar matahari yang tepat,” kata McEnaney. 

Baca juga: 10 Tanaman Hias Bunga Indoor yang Cantik dan Mudah Dirawat

Ia merekomendasikan untuk meletakkan hydrangea di area yang mendapat sinar matahari pagi selama lima hingga enam jam secara tidak langsung atau di tempat yang teduh.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X