Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Terbaik Membersihkan Jendela dari Kotoran dan Debu

Kompas.com - 27/04/2021, 20:00 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jendela pada dasarnya adalah 'mata' sebuah rumah, yang mana membuat penghuninya bisa melihat kondisi luar rumah dari dalam rumah.

Semakin bersih dan jernih jendela rumah, maka semakin banyak cahaya yang masuk ke dalam rumah, sehingga membuat tampilannya semakin indah.

Oleh karena itu, penting bagi setiap pemilik rumah untuk membersihkan jendela yang mereka miliki.

Baca juga: Ini Keuntungan Rumah Menggunakan Jendela Berengsel

Namun, yang lebih pentingnya lagi adalah mengetahui cara membersihkan jendela tanpa meninggalkan goresan dan menghilangkan semua kotoran.

Dilansir dari House Wife, Selasa (27/4/2021), berikut cara terbaik untuk membersihkan jendela dari kotoran, debu, dan jelaga.

Metode pembersihan jendela untuk kotoran ringan

Jika kamu tinggal jauh dari perusahaan besar dan jalan yang sibuk, maka kamu beruntung. Paru-paru dan jendela rumahmu tidak akan kotor karena kabut asap. Tidak sulit untuk mencuci jendela dengan baik dalam situasi seperti itu.

Biasanya, jendela dibersihkan atau dicuci secara bergantian. Paling mudah untuk mencuci bagian dalam jendela karena tidak begitu kotor dan tidak sulit dijangkau.

Baca juga: Trik Mendekorasi Ruangan Tanpa Jendela agar Lebih Terang

Berikut adalah urutan tindakan untuk mencuci jendela di rumah atau apartemen biasa.

  1. Pertama, kamu perlu mengambil ember atau baskom, menuangkan air hangat ke dalamnya, dan mencairkan sedikit detergen atau sabun.
  2. Jendela harus dicuci dengan kain lap lembut biasa untuk menyeka kotoran, menyeka kusen, dan pegangan dengan hati-hati.
  3. Cuci jendela dengan air bersih menggunakan kain lap bersih lainnya.
  4. Untuk menyerap kelembaban berlebih dan mencegah noda, gosok jendela secara menyeluruh dengan koran yang kusut. Prosedur ini membantu mencapai kemurnian dan kecemerlangan sempurna.

Cara membersihkan jendela yang sangat kotor

Tidak baik untuk membiarkan jendela rumah menjadi sangat kotor. Pertama, itu benar-benar memberikan tampilan yang buruk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com