Kompas.com - 27/04/2021, 19:10 WIB
Ilustrasi tanaman hias di dalam pot. PIXABAY/RAINERBERNSIlustrasi tanaman hias di dalam pot.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, membeli tanaman hias baru adalah kegiatan yang menyenangkan. Beberapa orang senang mengganti pot tanaman dengan yang baru setelah dibawa pulang.

Namun, setelah penggantian pot tanaman untuk pertama kalinya itu, bagaimana cara mengetahui kapan harus memindahkan tanaman ke pot yang lebih besar?

“Dengarkan saja tanaman Anda. Bila Anda memperhatikan tanaman, Anda tahu, mereka akan selalu memberi tahu Anda apa yang mereka butuhkan," kata Alfred Palomares, wakil presiden merchandising di 1-800-Flowers seperti dikutip dari Well and Good, Selasa (27/4/2021).

Baca juga: 4 Pilihan Pot untuk Tanaman Sayuran

Berikut ini beberapa tanda tanaman membutuhkan pot yang lebih besar. 

1. Akar tumbuh dari dasar pot

Jika tanaman berada di dalam pot dengan lubang drainase, Anda mungkin memperhatikan bahwa akarnya tumbuh dari dasar pot.

“Jika sudah ada cukup lama, Anda ingin melihat apakah akarnya mulai tumbuh dari dasar wadah. Itu akan menjadi tanda nomor satu Anda bahwa sudah waktunya dipindahkan karena sedang mencari tanah dan nutrisi tambahan di sana," jelas Palomares.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Sebuah gumpalan akar terbentuk

“Seringkali jika Anda dapat dengan mudah mengambil tanaman dari pot itu dan Anda mulai melihat akarnya tumbuh seperti melingkar ke arah bawah, itu berarti mereka kehabisan ruang,” kata Palomares.

Baca juga: Cara Mudah Menanam Sayuran di Dalam Pot

Saat itulah Anda akan mendapati gumpalan akar atau rootball. Ketika ini terjadi, Anda mungkin juga memperhatikan bahwa tanah bergeser di dalam lubang saat akar mulai mendorong tanaman ke atas dan keluar dari pot.

Sebelum mengganti pot, Palomares mengatakan untuk memecah rumpun akar.

“Dalam beberapa kasus, Anda bahkan dapat memangkas kembali beberapa akar tersebut, terutama jika Anda berpikir bahwa Anda akan memiliki lebih banyak bola akar di mana akar tersebut telah tumbuh di sekitarnya," ungkap Palomares.

3. Dibutuhkan lebih banyak air dari biasanya

“Jika salah satu tanaman Anda hanya meminta untuk disiram seminggu sekali dan sekarang Anda menyadari bahwa Anda harus menyiram dua kali seminggu karena air mengalir begitu cepat, inilah saatnya untuk memiliki pot yang lebih besar," terang Palomares.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.