Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Desain Dapur Terlihat Mewah dengan Anggaran Terbatas

Kompas.com - 27/04/2021, 18:31 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur kini mulai banyak mendapat perhatian untuk penataan dan dekorasi agar telihat cantik dan menarik selain ruang tamu dan kamar tidur. Banyak orang yang saat ini mendesain dapur mereka secantik, semenarik, semewah mungkin. 

Desain yang cantik dan mewah itu membuat dapur tak lagi sekadar menjadi area memasak, tapi juga ruang multifungsi, dari berkumpul keluarga, melakukan kegiatan seru, menjamu tamu, hingga bahkan ruang kerja. 

Baca juga: Tips Desain Dapur Kecil agar Terlihat Bersih dan Cantik

Tak heran, ruang yang umumnya berada di belakang rumah ini kini menjadi salah satu area favorit di rumah. Sayangnya, untuk mendesain dapur memerlukan biaya yang tak sedikit, terlebih bila menginginkan desain dapur yang mewah dan elegan.

Namun, tak perlu khawatir, kamu masih bisa mendapat tampilan mewah itu dengan budget terjangkau. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan agar dapur telihat mewah seperti penataan yang tepat, pemilihan warna, serta penambahan furnitur.

Nah, berikut ini lima ide desain dapur mewah dengan anggaran terbatas dilansir dari laman Real Simple

Baca juga: 5 Aturan Desain Dapur Minimalis 

Gunakan Kabinet Berbahan Mewah

Mengganti atau menambahkan furnitur di dapur dapat menjadi elemen dekorasi yang menarik. Seperti halnya mengenakan kalung dalam berpenampilan, furnitur bisa menjadi aksesori yang secara langsung menambah kesan sedikit berkilau dan glamor pada ruangan. 

Kamu bisa memasukan atau menggunakan kabinet yang terbuat dari bahan atau memiliki desain yang mewah seperti laci atau kaninet berbahan kuningan. 

Baca juga: Desain Dapur 2 Warna Diprediksi Jadi Tren Tahun ini

Pilih Pencahayaan yang Terang

Sering kali perlengkapan lampu yang ketinggalan zaman menjadi elemen pertama yang bisa mengungkapkan usia dapur sekaligus dapur tampak tidak kuno. Pertimbangkan untuk mengganti lampu gantung di dapur guna mendapatkan pembaruan modern.

Selain itu, tambahkan lampu aksen seperti tempat lilin di tempat yang strategis.
Pencahayaan yang terang juga dapat memberi efek mewah dan luas pada ruangan. Gunakan lampu berwarna terang dan pastikan pencahayaan di dapur cukup.  

Baca juga: Tren dan Ide Desain Dapur Tahun 2021

Ubah Cat dengan Warna Elegan

Cara mudah dan cepat mengubah suasan serta dekorasi ruangan, termasuk dapur, adalah mengganti warna cat dinding. Perubahan warna cat ini juga membuat rumah terlihat bersih, menarik, sekaligus modern.

Sebaiknya, pilihlah warna cat yang tak lekang oleh waktu seperti warna putih yang hangat atau warm off-white. Bisa pula warna cat deep blue-gray hue atau biru keabu-abuan. Kedua warna ini juga akan membuat dapur terlihat mewah dan elegan serta kegiatan memasak menjadi menyenangkan. 

Baca juga: Kreasi Desain Dapur Ukuran 2X2 Meter agar Lebih Cantik

Perbarui Peralatan Dapur 

Peralatan atau perabotan dapur yang sudah lama, terlebih kuno, tentu mengurangi nilai estetika dapur. Mengganti peralatan dapur dapat mengubah tampilan dapur tampak mewah.
Untuk mengubahnya, kamu tak perlu melakukan perombakan total.

Cukup memperbarui hanya satu item perabotan, tapi yang berukuran besar agar langsung terlihat mewah seperti lemari es. PIlih lemari dengan desain dan warna yang tampak mewah seperti warna black matte, maroon, atau putih yang mengkilap. 

Baca juga: 6 Ide Desain Dapur Minimalis untuk Semua Tipe Rumah

Bila budget cukup, kamu bisa mempertimbangkan kulkas dua pintu side by side. Lemari es ini tentu akan membuat dapur terlihat mewah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com