Kompas.com - 26/04/2021, 14:39 WIB
Ilustrasi menanam sayuran di pot. SHUTTERSTOCK/SHEBEKOIlustrasi menanam sayuran di pot.

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun tidak terlalu terlihat penting dibandingkan dengan penyiraman, dan pemupukan, pemilihan pot juga harus diperhatikan dalam menanam berbagai jenis tanaman terutama sayuran.

Memang benar, jika Anda bisa menggunakan pot dengan ukuran yang cukup besar, asal memiliki drainase yang baik dan bahan material yang aman untuk sayuran.

Seperti yang dilansir dari The Spruce, Senin (26/4/2021), yang perlu diingat adalah semakin besar wadah atau potnya, semakin banyak tanah yang dapat ditampung, semakin banyak kelembapan yang bisa dipertahankan.

Baca juga: Penting Dilakukan, Kapan Harus Mengganti Tanah di Pot Tanaman?

Secara umum, hindari memilih pot lebih kecil dari 12 inci, sebab ukurannya yang lebih besar, akan lebih baik dalam hal menanam sayuran dalam wadah.

Lantas, jenis pot tanaman apa saja yang dapat menjadi pilihan untuk menanam sayuran? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Pot Kayu

Pot kayu terlihat cantik untuk menanam sayuran, dan Anda biasanya dapat menemukan wadah dengan ukuran optimal yang tidak terlalu mahal. Atau Anda bisa membuat kotak penanam kayu Anda sendiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, yang perlu diingat adalah setelah beberapa musim, wadah kayu mungkin mulai membusuk dan kehilangan kualitasnya.

Baca juga: Tips Memilih Pot yang Tepat untuk Tanaman

2. Pot tanah liat

Anda dapat menggunakan pot terakota atau tanah liat, namun pot ini lebih sulit untuk menjaga kelembaban tanaman di dalamnya, karena tanah liat memungkinkan air lebih mudah menguap keluar dari tanah.

3. Pot plastik food grade

Anda juga bisa menggunakan wadah plastik food grade atau keramik berlapis kaca. Jika Anda ingin menggunakan pot tanah liat, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan pot plastik ini sebagai liner atau penutup pot, sehingga dapat menjaga kelembapan tanaman di dalamnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


Sumber The Spruce
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.