Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/04/2021, 10:27 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam sayuran di rumah bisa menjadi alternatif selain merawat tanaman hias. Ada banyak sayuran yang mudah ditanam dan dirawat, serta hasilnya bisa langsung diolah menjadi hidangan.

Bila rumah Anda sempit sehingga tidak ada pekarangan rumah yang memadai atau Anda tinggal di apartemen, jangan kecil hati. Anda tetap bisa menanam sayuran di pot.

Menanam bayam di pot bisa menjadi solusi. Bayam adalah sayuran yang mudah ditanam, kaya nutrisi, dan tumbuh cepat.

Dilansir dari Gardening Know How, Minggu (18/4/2021), berikut cara menanam bayam di pot, mulai dari benih hingga dipanen.

Baca juga: Tak Hanya Baik untuk Lingkungan, ini Manfaat Menanam Pohon di Rumah

Menanam bayam dalam pot atau wadah lain sangat ideal. Ini memungkinkan Anda memanen semua daunnya sebelum hama serangga memakan bayam sebelum Anda mendapatkannya.

Menanam bayam dalam pot juga akan menggagalkan nematoda serta hama dan penyakit lain yang ditularkan melalui tanah. Bayam yang ditanam dalam pot juga mudah diakses.

Bayam yang ditanam di pot bisa diletakkan di ambang jendela atau tepat di luar pintu dapur di balkon.

Bayam hanya membutuhkan waktu antara 40-45 hari untuk mencapai potensi panennya. Hal ini sering kali memungkinkan penanaman berturut-turut tergantung pada iklim atau cuaca di daerah Anda.

Baca juga: Tempat Terbaik untuk Menanam Timun Suri, Cocok di Dataran Tinggi

Bayam cenderung tumbuh dalam suhu yang cukup hangat. Berikan naungan untuk tanaman jika suhu udara mencapai lebih dari 26 derajat Celsius.

Keunggulan dari bayam yang ditanam dalam wadah adalah ia dapat dengan mudah dipindahkan. Selain itu, carilah varietas yang tahan panas jika Anda tinggal di daerah yang lebih hangat.

Bayam bisa ditanam dari biji atau benih. Pertama, pilih pot atau wadah berukuran 6-12 inci (15-30 cm).

Tanam benih di tanah yang telah dicampur dengan kompos untuk membantu penyimpanan air dan tempatkan di bawah sinar matahari penuh. Tingkat pH tanah harus sekitar 6 sampai 7.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com