Kompas.com - 18/04/2021, 04:05 WIB
Ilustrasi kamar mandi. SHUTTERSTOCK/PROTASOV ANIlustrasi kamar mandi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat memilih keramik lantai kamar mandi, faktor seperti penampilan, kekuatan dan biaya harus dipertimbangkan. Selain itu, keramik lantai kamar mandi harus tahan air, anti selip (tidak licin) dan mudah perawatannya.

Dilansir dari Architectural Digest, Minggu (18/4/2021), keramik kamar mandi yang mudah dalam perawatannya, bisa meminimalisir pertumbuhan bakteri, kuman, dan jamur.

Lantas, jenis keramik apa yang cocok untuk di lantai kamar mandi? Berikut ulasannya.

Baca juga: Trik Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Harus Diketahui

Keramik dan porselen

Ini adalah bahan keramik paling populer yang dapat digunakan untuk lantai kamar mandi karena harganya terjangkau, tahan lama, tahan gores, bebas perawatan dan tidak berpori.

Keuntungan lainnya adalah keramik ini tersedia dalam berbagai warna, tekstur, bentuk, hasil akhir, dan desain.

Keramik dan porselen dibuat dari tanah liat tetapi perbedaan utamanya adalah bahwa porselen dibuat dengan tanah liat yang lebih halus dan memiliki suhu dan tekanan yang lebih tinggi.

Proses ini membuat porselen lebih padat, lebih kuat dan lebih disukai daripada keramik. Ini juga tersedia sebagai keramik bebas kuman yang dilengkapi dengan lapisan antimikroba untuk menghambat pertumbuhan kuman dan patogen lainnya.

Baca juga: Keramik Retak? Ini Penyebabnya

Batu alam

Berikan tampilan abadi pada kamar mandi Anda dengan material batu alam seperti limestone, slate, dan travertine. Batu alam kuat, tahan lama, dan memiliki pola butiran yang menarik sehingga terlihat menarik.

Bahan-bahan ini tersedia dalam bentuk lempengan batu yang dipotong dengan mesin menjadi keramik persegi panjang dan persegi.

Kelemahan utama penggunaan batu alam adalah harganya yang sangat mahal, memerlukan pembersihan, pemolesan, dan penyegelan berkala karena sifatnya yang sangat berpori.

Hindari penggunaan material batu alam seperti marmer poles atau granit untuk lantai karena licin saat basah.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X