Kompas.com - 15/04/2021, 14:20 WIB
Ilustrasi membersihkan keramik kamar mandi. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOVIlustrasi membersihkan keramik kamar mandi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai area paling lembab di dalam rumah, kamar mandi harus dibersihkan secara teratur agar tidak meningkatkan perkembangan kuman dan bakteri di dalamnya.

Meskipun terlihat masih bersih, namun Anda tidak boleh abai dalam membersihkan area ini sebab selain kelembapan, residu sabun yang menempel di lantai kamar mandi akan membuat kamar mandi lebih kotor, terlebih jika tidak dibersihkan dalam waktu lama.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Kamis (15/4/2021), meskipun membersihkan lantai kamar mandi memerlukan banyak waktu, namun ada cara agar kegiatan ini lebih efisien dan menghemat waktu.

 

Baca juga: 3 Kesalahan Meletakkan Sikat Gigi di Dalam Kamar Mandi

Bagaiamana cara membersihkan keramik kamar mandi? Berikut langkahnya:

1. Bersihkan permukaan lantai

Membersihkan lantai kamar mandi dan nat adalah tugas yang sangat sulit kecuali Anda tahu cara melakukannya secara efisien.

Cara terbaik untuk membersihkan lantai kamar mandi adalah dengan memulai langkah-langkah pembersihan dasar dengan mulai menyapu bagian lantai kamar mandi.

Ini akan menghilangkan kotoran dan kotoran dari permukaan lantai sebelum Anda membersihkan nat keramik.

Baca juga: Perlukah Memasang Exhaust Fan di Kamar Mandi dan Apa Saja Manfaatnya?

2. Bikin larutan pembersih

Kecuali Anda menggunakan pembersih nat komersial, Anda harus membuatnya sendiri. Untuk nat yang agak kotor, campurkan dua bagian soda kue dan satu bagian air. Tambahkan dengan cuka jika nat kamar mandi Anda ternoda atau berubah warna.

Namun yang perlu diingat, cuka bisa merusak beberapa bahan lantai, jadi hindari jika Anda memiliki lantai marmer, batu tulis, granit, atau batu.

Gabungkan dua bagian soda kue dengan satu bagian hidrogen peroksida jika Anda membersihkan lantai yang kasar atau rapuh.

3. Gosok nat

Setelah Anda menyiapkan larutan pembersih lantai alami, saatnya membersihkan nat keramik. Gunakan sikat gigi cadangan untuk mengoleskan larutan pembersih pada nat.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X