Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trik Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang Harus Diketahui

Kompas.com - 15/04/2021, 14:20 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai area paling lembab di dalam rumah, kamar mandi harus dibersihkan secara teratur agar tidak meningkatkan perkembangan kuman dan bakteri di dalamnya.

Meskipun terlihat masih bersih, namun Anda tidak boleh abai dalam membersihkan area ini sebab selain kelembapan, residu sabun yang menempel di lantai kamar mandi akan membuat kamar mandi lebih kotor, terlebih jika tidak dibersihkan dalam waktu lama.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Kamis (15/4/2021), meskipun membersihkan lantai kamar mandi memerlukan banyak waktu, namun ada cara agar kegiatan ini lebih efisien dan menghemat waktu.

 

Baca juga: 3 Kesalahan Meletakkan Sikat Gigi di Dalam Kamar Mandi

Bagaiamana cara membersihkan keramik kamar mandi? Berikut langkahnya:

1. Bersihkan permukaan lantai

Membersihkan lantai kamar mandi dan nat adalah tugas yang sangat sulit kecuali Anda tahu cara melakukannya secara efisien.

Cara terbaik untuk membersihkan lantai kamar mandi adalah dengan memulai langkah-langkah pembersihan dasar dengan mulai menyapu bagian lantai kamar mandi.

Ini akan menghilangkan kotoran dan kotoran dari permukaan lantai sebelum Anda membersihkan nat keramik.

Baca juga: Perlukah Memasang Exhaust Fan di Kamar Mandi dan Apa Saja Manfaatnya?

2. Bikin larutan pembersih

Kecuali Anda menggunakan pembersih nat komersial, Anda harus membuatnya sendiri. Untuk nat yang agak kotor, campurkan dua bagian soda kue dan satu bagian air. Tambahkan dengan cuka jika nat kamar mandi Anda ternoda atau berubah warna.

Namun yang perlu diingat, cuka bisa merusak beberapa bahan lantai, jadi hindari jika Anda memiliki lantai marmer, batu tulis, granit, atau batu.

Gabungkan dua bagian soda kue dengan satu bagian hidrogen peroksida jika Anda membersihkan lantai yang kasar atau rapuh.

3. Gosok nat

Setelah Anda menyiapkan larutan pembersih lantai alami, saatnya membersihkan nat keramik. Gunakan sikat gigi cadangan untuk mengoleskan larutan pembersih pada nat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com