Kompas.com - 14/04/2021, 04:09 WIB
Ilustrasi sikat gigi thinkstock/ingrampublishingIlustrasi sikat gigi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak hanya membersihkan kamar mandi dan peralatan yang ada di dalamnya saja, namun Anda juga harus memerhatikan peletakkan perlengkapan mandi di dalamnya.

Faktanya, beberapa orang asal meletakkan sikat gigi di dalam kamar mandi, padahal hal tersebut menjadi wadah untuk perkembangan kuman. Selain itu, yang harus diperhatikan adalah cara membersihkannya.

Dilansir dari Apartment Therapy, Rabu (14/4/2021), The American Dental Association (ADA) merekomendasikan cara yang benar untuk merawat sikat gigi Anda setelah menyikat adalah dengan membilasnya dengan baik agar semua residu terlepas.

Baca juga: 10 Barang Ini Ada Tanggal Kedaluwarsanya, Sandal hingga Sikat Gigi

Kemudian, kocok dengan baik untuk menghilangkan kelebihan air, lalu simpan tegak di dalam cangkir atau wadah sehingga itu tidak menyentuh sikat gigi lainnya.

Yang lebih penting lagi, ADA merekomendasikan untuk menyimpan sikat gigi Anda di tempat terbuka yakni bukan menempatkannya di lemari sehingga dapat terkena udara dan sinar matahari dan dapat mengering secara alami sebelum digunakan lagi malam itu atau keesokan paginya.

“Lingkungan lembap seperti wadah tertutup lebih kondusif bagi pertumbuhan mikroorganisme daripada udara terbuka,” kata ADA.

Berikut beberapa kesalahan yang mungkin Anda lakukan. 

Baca juga: Perlukah Memasang Exhaust Fan di Kamar Mandi dan Apa Saja Manfaatnya?

Meletakkan sikat gigi di permukaan rata 

Anda melakukan yang benar dengan mengibaskan sikat gigi dengan baik setelah menyikat, tetapi meletakkannya di atas meja akan memungkinkan air yang tidak terlepas dari bulu sikat untuk menggenang, menciptakan lingkungan yang sempurna bagi pertumbuhan bakteri.

Letakkan sikat gigi di gelas sehingga bisa mengering secara sendiri.

Meletakkan sikat gigi dengan toilet

Anda menyimpannya secara tegak di dalam cangkir, jadi tidak menyentuh sikat lain, tetapi seberapa dekat jarak sikat gigi Anda dengan toilet?

Jika kamar mandi Anda kecil dan Anda memiliki flusher yang kuat, air toilet itu bisa sangat berbahaya di dekat sikat gigi Anda.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X