Kompas.com - 13/04/2021, 18:34 WIB
Ilustrasi tanaman hias bromelia atau bromeliad. PIXABAY/BERNSWAELZIlustrasi tanaman hias bromelia atau bromeliad.

JAKARTA, KOMPAS.com - Di tengah kegiatan berkebun yang masih terus meningkat, salah satu tanaman hias yang layak untuk kamu tumbuhkan dan rawat adalah Bromelia.

Bromelia sendiri merupakan kelompok tanaman dari keluarga Bromeliaceae yang terdiri atas sekitar 3.000 spesies dan ratusan hingga ribuan hibrida.

Banyak jenis Bromelia yang menarik untuk dibudidayakan. Daun yang beraneka warna dan corak daun yang memesona membuat tanaman ini disukai sebagai tanaman hias daun.

Baca juga: Udara di Dalam Rumah Kering? Letakkan 5 Tanaman Hias Ini

Tanaman ordo Poales ini memberikan sentuhan eksotis pada rumah dan menghadirkan nuansa tropis dan iklim yang cerah.

Menumbuhkan bromeliad sebagai tanaman hias itu mudah dan menghadirkan tekstur dan warna yang menarik ke taman interior.

Dilansir dari laman Gardening Know How, Selasa (13/4/2021), ketahui segala macam hal mengenai tanaman bromelia. Jika kamu merawatnya, maka kamu akan memiliki tanaman hias unik yang tahan lama dengan perawatan yang rendah.

Tanaman bromelia

Penampilan bromelia yang tidak biasa tampaknya menunjukkan bahwa tanaman tersebut membutuhkan perawatan yang tinggi dan membutuhkan keterampilan berkebun khusus.

Baca juga: Pentingnya Pencahayaan Saat Meletakkan Tanaman Hias di Rumah

Tanaman ini dihargai karena dedaunannya yang tebal yang tumbuh dalam bentuk roset alami.

Menjelang akhir hidupnya, tanaman bromelia dapat menghasilkan perbungaan, atau bunga, yang bentuk dan warnanya sangat bervariasi di antara setiap varietas.

Bromelia memiliki daun lebar berbentuk pedang atau seperti sendok. Tanaman bromelia seringkali bersifat epifit dan menempel pada pohon atau bangunan lainnya.

Mereka bukan parasit tetapi hanya menggunakan struktur sebagai tempat bertengger untuk mengumpulkan sinar matahari dan kelembapan.

Cara menanam bromelia

Tanaman ini banyak tersedia di pembibitan dan pusat taman. Tanaman membutuhkan cahaya sedang hingga terang sebagai spesimen dalam ruangan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X