Kompas.com - 13/04/2021, 19:28 WIB
Ilustrasi menanam sayuran di lahan sempit. SHUTTERSTOCK/BANNAFARSAI_STOCKIlustrasi menanam sayuran di lahan sempit.

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk kamu yang memiliki banyak waktu saat menunggu berbuka puasa di rumah, kamu bisa mencoba bercocok tanam.

Karena selain mengisi waktu, bercocok tanam juga sekaligus mengajak tubuh untuk berolahraga ringan dan menghilangkan stres.

Untuk kamu yang ingin mencoba ngabuburit sambil menanam di pot atai halaman kecilmu, berikut empat tren berkebun yang bisa kamu coba, seperti dilansir dari Better Homes & Gardens, Selasa (13/4/2021).

Baca juga: Tidak Sulit, Ini Cara Menanam Kangkung di Rumah

1. Kebun makanan

Kamu bisa mencoba menanam sayuran, bumbu dapur, hingga buah-buahan. Berkebun tanaman yang bisa dikonsumsi bahkan sudah dilakukan kebanyakan orang selama masa pandemi.

Menurut laporan Garden Media Trend baru-baru ini, Timothy Hammond dari Big City Gardener mengungkapkan adanya peningkatan hingga 400 persen pada platform mereka karena masuknya pengikut yang merupakan tukang kebun pemula yang sedang mencari panduan.

Laporan tersebut juga mencatat bahwa 67 persen orang dewasa yang disurvei mengungkapkan bahwa mereka berencana akan menumbuhkan makanan mereka sendiri hingga tahun 2021.

Sutterer menambahkan, tomat dan juga mentimun atau sayuran lain yang ditanam di halaman juga bisa membantu tetangga sekitar. Karena saat panen, kamu bisa memberikannya pada mereka sebagai hantaran.

Baca juga: Cara Menanam Buah Apel dari Bijinya, Mau Coba?

2. Mengubah halaman belakang menjadi ruang santai

Ngabuburit juga bisa dijadikan sebagai momen untuk merapikan halaman belakang untuk menjadi ruangan bersantai sekaligus tanaman.

Norwegia frilufsliv menyebut ini sebagai tren Etsy, yang artinya kembali ke kehidupan udara terbuka kembali tren di tahun 2020 dan 2021.

Tren ini cocok untuk memuaskanmu atas kebutuhanmu melihat alam terbuka.

Kamu bisa mulai berkonsultasi pada penata taman, atau cukup menatanya sendiri bersama keluarga.

Carilah referensi taman belakang impianmu, entah itu penuh dengan bunga, atau kamu menambahkan kolam kecil untuk menghadirkan gemericik air.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X