Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Menanam Tanaman di Sekitar Unit AC Outdoor?

Kompas.com - 30/03/2021, 20:29 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman yang mengelilingi unit AC sentral luar ruangan, memiliki dua fungsi, yakni untuk menghalangi unit yang tidak menarik sehingga menyatu dengan lansekap dan memberikan keteduhan untuk mendinginkan unit dan membuatnya bekerja lebih efisien.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Selasa (30/3/2021), AC membutuhkan jarak setidaknya 30 cm di sekitar unit untuk memungkinkan akses perbaikan dan sirkulasi udara untuk kinerja yang tepat.

Lantas, tanaman apa saja yang bisa diletakkan berdekatan dengan unit AC ini? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Kenapa AC Berbau? Kenali Penyebabnya

Ilustrasi tanaman bunga morning glory. PIXABAY/CAPRI23AUTO Ilustrasi tanaman bunga morning glory.

Tanaman Merambat dan Teralis

Struktur teralis dengan tanaman merambat yang tumbuh di pangkalan memberikan keteduhan dan menyembunyikan unit.

Pilihan tanaman anggur termasuk clematis, bugenvil, trumpet vine, morning glory, dan melati dapat diletakkan minimal 30 cm di depan unit AC. Tanam tanaman merambat di depan teralis jauh dari unit udara pusat.

Ini membuat tanaman menjauh sehingga tanaman merambat tidak tumbuh ke dalam unit dan menyumbatnya.

Saat tanaman merambat tumbuh di teralis, mereka memberi lebih banyak keteduhan. Potong tanaman merambat jika terlalu banyak menumbuhkan teralis dan bergerak menuju AC.

Baca juga: 5 Tanda AC Harus Diganti

Tanaman pot

Tanaman dalam pot di sekitar unit ac dapat memberikan kelenturan yang lebih besar daripada menanam langsung di tanah. Anda dapat dengan mudah memindahkan pot jika Anda membutuhkan akses ke AC.

Pot juga memungkinkan Anda menyesuaikan jumlah ruang yang Anda tinggalkan antara tanaman dan unit untuk memastikan aliran udara yang tepat.

Jenis tanaman berbunga, sayuran, semak-semak kecil, dan varietas pohon kerdil dapat menjadi pilihan. Pilih campuran jenis tanaman dengan ketinggian berbeda sehingga tercipta tampilan yang bervariasi.

Posisikan tanaman pot yang lebih tinggi, seperti pohon dan semak-semak, paling dekat dengan unit, pertahankan ruang 30 cm yang disarankan. Atur pot tanaman yang lebih pendek di depan tanaman tinggi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com