Kompas.com - 30/03/2021, 18:32 WIB
Ilustrasi kucing menggigit leher kucing lainnya. SHUTTERSTOCK/REIMARIlustrasi kucing menggigit leher kucing lainnya.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda memiliki beberapa kucing dewasa atau anak kucing sebagai hewan peliharaan di rumah, kerap kali menjumpai kucing menggigit leher kucing lainnya. Ini khususnya terjadi saat mereka sedang bermain atau pura-pura berkelahi.

Menggigit leher kucing lainnya adalah hal wajar, terutama untuk anak kucing dan kucing jantan yang memiliki naluri teritorial. Ahli perilaku hewan menyatakan agresi bermain sebagai salah satu masalah perilaku kucing yang paling umum.

Nah, kenapa kucing menggigit leher kucing lain? Apakah ini adalah hal yang berbahaya? Dilansir dari The Nest, Selasa (30/3/2021), berikut ini penjelasannya. 

Baca juga: 7 Tips Menghadapi Kucing yang Mogok Makan

Naluri

Anak kucing belajar menggigit dan mencakar saat bermain tanpa menyakiti satu sama lain. Faktanya, agresi bermain ini cukup umum terjadi pada semua mamalia muda, baik jantan dan betina.

Anak kucing yang tidak dibesarkan dengan teman serasah atau teman bermainnya tidak selalu mengembangkan kepekaan balas dendam. Saat dewasa, kucing ini mungkin menggigit atau mencakar manusia atau kucing lain terlalu keras.

Kucing yang bosan atau stres seringkali berperilaku kasar teman bermainnya juga. Ketika Anda mentolerir perilaku ini, Anda akan memperkuatnya

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Patroli dan pengganti berburu

Kucing Anda memiliki keinginan naluriah yang alami untuk berburu mangsa. Kucing jantan, terutama yang belum dikebiri, sering berpatroli di wilayahnya dan memicu konfrontasi dengan penyusup.

Baca juga: Tidak Selalu Agresif, Ini Alasan Kucing Suka Menggigit

Agresi teritorial jarang terwujud sebagai permainan pertama. Namun, seekor kucing jantan yang membuat permainan kejutan, menerkam, menyerang kucing lain yang tidak berpura-pura, sedang terkejut.

Sebagai pemilik hewan peliharaan, tugas Anda adalah memastikan kucing mengarahkan insting liarnya pada target yang tepat, bukan manusia atau kucing lain. Kebiri atau steril adalah langkah yang bertanggung jawab ke arah itu.

Langkah pencegahan

Perhatikan kapan dan di mana kucing Anda memulai permainan kasar.

The Cornell Feline Health Center merekomendasikan untuk memulai permainan yang sesuai sebelum waktu serangan reguler, menggunakan pencegah kebisingan saat kekerasan dimulai, dan menggunakan mainan yang menjaga tangan Anda pada jarak yang aman dari kucing agresif.

Halaman:


Sumber The Nest
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X