Kompas.com - 30/03/2021, 17:14 WIB
Ilustrasi cangkang telur sebagai pupuk tanaman. SHUTTERSTOCK/THAMKCIlustrasi cangkang telur sebagai pupuk tanaman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa sampah organik dapur sebaiknya tidak langsung dibuang. Ampas kopi, teh celup atau teh tubruk bekas, tomat busuk, hingga cangkang telur bisa digunakan sebagai pupuk alami bagi tanaman.

Cangkang telur adalah salah satu pupuk organik yang baik untuk berbagai jenis tanaman, termasuk tanaman berbuah seperti tomat.

Nah, untuk Anda yang ingin membuat pupuk cangkang telur, berikut ini caranya, seperti dikutip dari Home Guides SF Gate, Selasa (30/3/2021).

Baca juga: 8 Manfaat Cangkang Telur, Jangan Buru-buru Dibuang

Kenapa cangkang telur baik untuk tanaman?

Jika Anda pernah mendengar tentang kulit telur dan cuka untuk menyuburkan tanaman tomat, ini bukan hoaks alias berita bohong.

Pada dasarnya, cangkang telur, yang struktur kerasnya hampir seluruhnya terdiri dari kalsium karbonat, memberikan dorongan nutrisi yang kuat untuk tanaman. Kulit telur juga memberi tanaman mineral penting lainnya, seperti kalium dan fosfor.

Penambahan nutrisi kuat ini membantu memaksimalkan panen tomat, meningkatkan produksi minyak aromatik yang membuat tomat sangat beraroma, dan mengurangi kemungkinan busuk ujung bunga.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Masalah terakhir inilah yang benar-benar membuat pupuk cangkang telur di kebun sangat populer di kalangan petani tomat.

Baca juga: Cangkang Telur Bisa Jadi Pupuk Tanaman, Begini Cara Menggunakannya

Sementara banyak tanaman menikmati mineral yang ditemukan di cangkang telur, busuk ujung bunga adalah masalah budaya yang sangat umum bagi tanaman tomat. Penyakit ini membuat bunga membusuk dan berubah menjadi hitam karena terlalu banyak kelembaban.

Kalsium yang disediakan oleh cangkang telur membantu tanaman tomat dalam mengatur pasokan airnya, sehingga membantu mencegah pembusukan.

Kalsium juga memperkuat dinding sel tumbuhan. Ini juga mendorong transfer air dan translokasi karbohidrat yang seimbang, sehat, dan efisien.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X