Kompas.com - 21/12/2020, 11:07 WIB
Ilustrasi penggunaan cangkang telur sebagai pupuk tanaman. SHUTTERSTOCK/THAMKCIlustrasi penggunaan cangkang telur sebagai pupuk tanaman.

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat tanaman hias berarti juga harus memperhatikan nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Tanpa nutrisi tersebut, tentu saja pertumbuhan dan kehidupan tanaman akan terganggu.

Beberapa zat nutrisi penting yang dibutuhkan tanaman antara lain nitrogen, fosfor, dan potassium. Meskipun demikian, jangan lupa bahwa tanaman juga membutuhkan kalsium.

Nutrisi untuk tanaman tidak hanya diperoleh dari pupuk kimia, namun juga dari bahan-bahan alami. Bahkan, beberapa bahan di dapur Anda merupakan nutrisi yang bagus bagi tanaman.

Baca juga: Pupuk Organik Paling Baik untuk Tanaman, Ini Penjelasannya

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium pada tanaman, Anda bisa menggunakan sampah dapur yang kerap ditemui di rumah, yakni cangkang telur. Sebab, cangkang telur menganduny kalsium karbonat.

Dilansir dari Gardenista, Senin (21/12/2020), cangkang telur adalah sarana yang bagus untuk memperkenalkan kalsium bagi tanaman.

Untuk menggunakan cangkang telur sebagai pupuk tanaman, hal pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan beberapa buah cangkang telur. Kemudian, giling dengan mixer, penggiling, atau lesung dan alu.

Selanjutnya, taburkan cangkang telur yang telah digiling tersebut ke permukaan atas tanah tanaman. Ingat pula bahwa cangkang telur membutuhkan waktu beberapa bulan untuk terurai dan diserap oleh akar tanaman.

Baca juga: Kotoran Unggas Paling Bagus untuk Pupuk, Ini Penjelasannya

Cangkang telur yang dicampur dengan bahan-bahan organik lainnya juga bisa menjadi media tanam membantu tanaman yang baru ditanam dapat tumbuh subur.

Caranya, cukup campurkan cangkang telur yang telah dihancurkan dengan bahan organik lainnya.

Cangkang telur juga bisa dicampurkan dengan ampas kopi untuk memberikan nutrisi bagi tanaman Anda. Sebab, cangkang telur mampu membantu mengurangi keasaman tanah.



Sumber Gardenista
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X