Kompas.com - 08/03/2021, 07:18 WIB
Ilustrasi cangkang telur. PIXABAY/CONGER DESIGNIlustrasi cangkang telur.

JAKARTA, KOMPAS.com — Telur menjadi salah satu menu praktis dan sehat untuk dikonsumsi. Bahkan ternyata, bagian telur tak hanya dalamnnya saja yang bermanfaat, namun juga bagian cangkang atau kulitnya.

Untuk itu, setelah memecahkannya, sebaiknya cangkang telur jangan buru-buru dibuang. Karena cangkang telur bisa membantumu dalam banyak hal seperti, menyuburkan tanaman, hingga membersihkan rumah.

Berikut adalah manfaat dari cangkang telur seperti dilansir dari Reader’s Digest, Senin (8/3/2021).

Baca juga: Manfaatkan Karton Wadah Telur untuk Menanam Benih, Begini Caranya

1. Menyuburkan kebun

Bilas dan bersihkan selaput bagian dalam cangkang telur yang bening, lalu simpan cangkang telur kering dalam wadah besar yang aman. Karena sudah dicuci, kulit telur yang disimpan tidak akan berbau.

Hancurkan cangkang telur menjadi potongan-potongan halus dengan sendok baja atau kayu. Setelah itu, kamu dapat menaburkan dan mencampurkan cangkang telur tanah ke dalam kebun sebagai sumber kalsium karbonat yang baik bagi tanah. Selain itu, cangkang telur juga akan mengurangi keasaman tanah.

2. Sebagai pembersih abrasif non-toksik

Jika kamu tak suka menggunakan bahan kimia abrasif yang banyak dijual di pasaran, kamu bisa menggunakan kulit telur sebagai gantinya.

Pertama, kumpulkan cangkang telur dari sekitar selusin telur. Setelah itu, cuci kulit telur dan letakkan di atas loyang.

Baca juga: Air Rebusan Telur Bisa Menyuburkan Tanaman, Begini Caranya

Keringkan cangkang di luar di bawah sinar matahari atau dengan api kecil di dalam oven selama beberapa menit.

Gunakan lesung dan alu, penggiling kopi atau blender berkecepatan tinggi untuk memblender kulit telur menjadi pasta halus. Setelah digiling, bubuk cangkang akan terkumpul hingga 1 cangkir. Tambahkan 3 cangkir soda kue ke bubuk kulit telur dan simpan di toples.

Untuk membersihkannya, campur saja bubuk dengan cuka (atau air). Gunakan formula ini pada panci dan wajan gosong, pintu kamar mandi dengan kotoran yang menumpuk, cincin mangkuk toilet dan nat.

3. Tempat menyemai benih

Saat memecahkan telur, potong bagian atas cangkang dan tuangkan telur keluar dari cangkang untuk mengawetkan sebagian besar panjang cangkang telur.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.