Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menanam Tomat Ceri agar Tumbuh Sepanjang Musim

Kompas.com - 21/04/2024, 21:58 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tomat ceri adalah jenis tomat yang ukurannya kecil seperti buah ceri. Tomat ini memiliki rasa yang enak, sehingga banyak disukai. 

Tak hanya enak, tomat ceri juga mudah dibudidayakan. Tanaman ini bisa tumbuh langsung di atas tanah maupun ditumbuhkan di dalam wadah atau pot. 

Baca juga: Tidak Sulit, Begini Cara Menanam Tomat Ceri di Pot

Namun, untuk membuat tanaman ini tumbuh maksimal sepanjang musim, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. 

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Minggu (21/4/2024), berikut tips menanam tomat ceri agar tumbuh sepanjang musim. 

Pilih varietas tomat hibrida

Ilustrasi tanaman tomat ceriShutterstock/Medvedeva Oxana Ilustrasi tanaman tomat ceri

Jika ingin tanaman tomat tumbuh sepanjang tahun, maka sebaiknya tanam tomat ceri hibrida. Tanaman tomat ini sudah dibuat sedemikian rupa, sehingga memiliki ketahanan lebih dan produktivitas yang tinggi. 

Tak hanya itu, rasa buah tomat ceri hibrida juga enak, sehingga banyak disukai. Namun, perlu diketahui bahwa biji tomat hibrida tidak bisa ditanam lagi, sehingga saat hendak melakukan penanaman kembali perlu membeli benih baru. 

Baca juga: 9 Tips Menanam Tomat di Lahan Sempit agar Berbuah Lebat

Tanam tomat ceri di wadah yang besar

Selanjutnya, tips menanam tomat ceri yaitu menanam tomat ceri dalam wadah yang besar. Sebab, tanaman tomat memiliki tajuk yang cukup besar dan produktivitas tinggi. 

Dengan menanam dalam wadah yang besar, maka tanaman tomat memiliki ruang lebih untuk tumbuh dan berkembang, sehingga hasil panennya maksimal. 

Pasang ajir di dekat tanaman

Tanaman tomat memiliki tajuk yang besar dan buah yang banyak. Maka dari itu, dianjurkan untuk memasang ajir atau tiang di dekat tanaman tomat untuk menopang tajuk tanaman tersebut. 

Ajir bisa terbuat dari bilah bambu yang dipasang di kedua sisi tajuk tomat. Lalu, ikat ajir dengan tali agar lebih kuat dan kokoh. 

Baca juga: Cara Merawat dan Menanam Tomat Ceri

Semai tomat di wilayah bersuhu hangat atau saat musim kemarau

Di awal pertumbuhan, sebaiknya tempatkan tanaman tomat ceri di area yang suhunya hangat. Langkah ini akan membuat tanaman tomat ceri tumbuh maksimal dan berbuah banyak. 

Maka dari itu, disarankan mulai menanam tomat di musim panas. Alternatif lainnya yaitu menanam tomat ceri di dalam greenhouse agar suhu lingkungan bisa diatur sesuai kebutuhan tanaman. 

Lakukan penyiraman secara rutin

Ilustrasi tanaman tomat, panen tomat.SHUTTERSTOCK/SADECESTOCK Ilustrasi tanaman tomat, panen tomat.

Tanaman tomat ceri memerlukan sekitar tiga cm air dalam seminggu untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan maksimal. Jika curah hujan tidak bisa mencukupi kebutuhan air tomat, maka lengkapi kebutuhan air dengan melakukan penyiraman. 

Penyiraman secara rutin sangat penting untuk proses pembentukan buah. Kulit tomat ceri yang tipis dan ukuran buah yang kecil membuatnya rentan pecah atau retak. 

Kondisi kering yang diikuti dengan banyaknya air membuat daging tomat cepat berkembang dibandingkan kulitnya, sehingga bisa menimbulkan retakan. Oleh karena itu, usahakan untuk menjaga kelembapan tanah tetap konsisten. 

Baca juga: 7 Kesalahan Menyiram Tanaman Sayur yang Harus Dihindari

Lakukan pemanenan beberapa hari sekali

Terakhir, tips menanam tomat ceri yaitu melakukan pemanenan setiap dua hari sekali. Langkah ini dilakukan karena tomat ceri sangat produktif, sehingga buahnya selama matang dalam waktu singkat. 

Panen buah secara rutin akan membuat tanaman terus berproduksi dan mencegah serangan hama. Buah yang dipanen yaitu buah yang sudah agak keras saat disentuh dan warna merahnya sudah merata. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com