Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/11/2023, 09:55 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam hal drama di kebun, tanaman tomat adalah bintang. Pada tahap yang sempurna, tomat tumbuh dengan liar, menghasilkan banyak buah.

Namun, ketika ada sesuatu yang salah, tanaman tomat bisa layu dengan cepat. Bukan hal  aneh jika tanaman tomat terlihat kuat dan tumbuh subur pada suatu hari, kemudian menjadi kumpulan batang dan daun yang lemas pada hari berikutnya. 

Baca juga: Berapa Jumlah Sinar Matahari yang Dibutuhkan Tanaman Tomat?

Layu adalah salah satu permasalahan yang dihadapi tanaman tomat dan perlu ditangani dengan cepat untuk menyelamatkan tanaman.

Sayangnya, tanaman tomat layu sering kali tidak dapat disembuhkan, tetapi dapat dicegah dengan apa yang menjadi penyebabnya.

Dikutip dari Better Homes and Gardens, Rabu (1/11/2023), berikut sejumlah penyebab tanaman tomat layu dan cara mengatasinya. 

Stres kekeringan

Ilustrasi tanaman tomat layu terkena jamur.Shutterstock/Paul Maguire Ilustrasi tanaman tomat layu terkena jamur.
Tomat memiliki kebutuhan air lebih besar daripada sayuran kebun lainnya. Ketika kebutuhan airnya tidak terpenuhi, tanaman tomat akan memperlambat pertumbuhannya dan layu.

Tomat membutuhkan dua sampai lima sentimeter air per minggu untuk tumbuh subur. Tanaman tomat yang tumbuh di tanah berpasir yang cepat kering perlu mendapat penyiraman sekitar lima sentimeter air per minggu. 

Baca juga: 4 Penyebab Tomat Lembek dan Berasa Hambar

Tanaman tomat yang ditanam di tanah lempung yang berdrainase baik atau tanah liat  berdrainase lambat, tumbuh paling baik dengan sekitar 2,5 sentimeter air. 

Sirami tanaman tomat dengan benar. Terlalu banyak air sama bermasalahnya dengan terlalu sedikit air. Sebelum menyiram tanaman tomat, masukkan jari Anda ke tanah tanaman.

Jika tanah lembap 2,5 sentimeter di bawah permukaan, jangan siram dan periksa kembali tanahnya keesokan harinya. Siram tanaman tomat jika tanahnya sudah kering saat disentuh.

Saat menyiram, siram tanaman tomat secara perlahan dalam jangka waktu lebih lama untuk membantu air meresap lebih dalam ke tanah, yang mendorong tanaman mengembangkan sistem perakaran yang dalam.

Hindari membasahi dedaunan yang dapat mendorong beberapa penyakit tomat berkembang. 

Baca juga: 6 Penyebab Tomat Tidak Kunjung Merah

Panas tinggi

Ilustrasi menyiram tanaman tomat. SHUTTERSTOCK/WERTINIO Ilustrasi menyiram tanaman tomat.

Selanjutnya, penyebab tanaman tomat layu adalah mendapat panas tinggi. Tomat tumbuh paling baik ketika suhu udara di bawah 32 derajat Celsius.

Suhu udara yang berkisar 32 derajat Celsius selama beberapa hari dan dikombinasikan dengan tanah kering dapat menyebabkan tanaman tomat layu pada sore hari, kemudian pulih pada malam hari, hanya untuk layu lagi keesokan harinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com