Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Manfaat Baking Soda untuk Tanaman Tomat dan Cara Menggunakannya

Kompas.com - 18/06/2023, 20:20 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam tomat dapat dilakukan di halaman rumah untuk dapat dinikmati langsung hasil panennya. Akan tetapi, ada ancaman yang perlu diwaspadai saat menanam tomat di rumah, yakni hama dan penyakit.

Untuk membasmi hama dan penyakit tanaman tomat, Anda bisa menggunakan bahan yang mungkin sudah ada di dapur, yakni baking soda atau soda kue. Soda kue menjanjikan banyak solusi untuk masalah tanaman tomat.

Dikutip dari Tomato Bible, Minggu (18/6/2023), berikut beberapa manfaat baking soda untuk tanaman tomat dan cara menggunakannya.

Baca juga: 5 Penyakit yang Sering Menyerang Tanaman Tomat dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi tanaman tomat terserang penyakit busuk daun.PIXABAY/Dustytoes Ilustrasi tanaman tomat terserang penyakit busuk daun.

1. Mengatasi penyakit busuk daun

Busuk daun atau hawar daun adalah penyakit yang biasanya disebabkan oleh serangan bakteri dan jamur. Tanaman tomat sangat rentan terhadap penyakit ini, khususnya penyakit busuk daun awal dan akhir.

Gejala hawar mudah diketahui dan harus segera ditangani. Gejala penyakit busuk daun awal biasanya mulai muncul tepat saat buah tomat pertama muncul.

Anda akan tahu bahwa penyakit busuk daun ketika ada bintik-bintik kecil berwarna cokelat pada daun di bagian bawah. Lesi ini mulai terlihat seperti target dengan lingkaran kuning saat menyebar.

Penyakit ini membunuh dedaunan, membuat tanaman tomat rentan terhadap sengatan matahari. Penyakit busuk daun dapat memengaruhi tanaman tomat kapan saja selama musim tanam.

Baca juga: Tips dan Cara Menyiram Tanaman Tomat agar Panen Melimpah

Penyakit busuk daun biasanya merupakan penyakit tomat yang paling ditakuti.

Anda akan mengidentifikasi penyakit busuk daun melalui lesi gelap di tepi luar daun yang lebih rendah dan lebih tua. Bintik-bintik coklat ini menjadi ungu kehitaman seiring bertambahnya usia, dan jamur putih muncul di bagian bawah daun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com