Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Pupuk Alami untuk Tanaman Tomat dan Cara Menggunakannya

Kompas.com - 06/08/2023, 11:54 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman tomat dikenal membutuhkan pemupukan yang konsisten di semua tahap pertumbuhan. Meskipun banyak pupuk tersedia di pasaran, pupuk alami memungkinkan Anda menyesuaikan nutrisi dengan kebutuhan tanah.

Dikutip dari Backyard Boss, Minggu (6/8/2023), untuk menyuburkan tanaman tomat secara efektif, pertama-tama pahami nutrisi spesifik yang mereka butuhkan pada berbagai tahap pertumbuhan.

Semua tanaman membutuhkan tiga nutrisi utama, yakni nitrogen, kalium, dan fosfor. Ketiga unsur ini dikenal dengan NPK.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Tanaman Tomat Pakai Kulit Pisang

Ilustrasi tanaman tomat, menanam tomat.SHUTTERSTOCK/CHUYKO SERGEY Ilustrasi tanaman tomat, menanam tomat.

Namun, tanaman tomat memiliki kebutuhan unik sepanjang siklus pertumbuhannya. Dengan memahami kebutuhan tersebut, Anda dapat memastikan bahwa Anda menerapkan pupuk yang tepat pada tahapan yang tepat.

Nitrogen dan fosfor sebagai nutrisi selama transplantasi

Dalam kehidupan tanaman tomat, pemindahan atau transplantasi merupakan tahap kritis. Memberikan nutrisi yang tepat selama masa ini menjadi dasar untuk pertumbuhan yang sehat.

Meskipun tanaman membutuhkan nitrogen untuk pertumbuhan awal, penting untuk tidak berlebihan. Kelebihan nitrogen dapat memaksa tanaman untuk mengembangkan daun dan pucuk yang lembut, yang menarik serangga dan tungau.

Nitrogen yang berlebihan pada tanaman berbuah juga menyebabkan peningkatan pertumbuhan dedaunan, yang pada akhirnya mengurangi produksi buah.

Baca juga: 3 Manfaat Baking Soda untuk Tanaman Tomat dan Cara Menggunakannya

Jika Anda menambahkan kompos yang mengandung nitrogen dan karbon ke dalam tanah sebelum memindahkan tanaman tomat, berarti tanaman memiliki cukup nitrogen selama tahap awal.

Dengan pemilahan nitrogen, Anda mungkin perlu melengkapi dengan fosfor untuk membantu perkembangan akar. Anda dapat menambahkan tepung tulang atau fosfat batu untuk membantu tanaman tomat tumbuh subur.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com