Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waktu dan Cara Memindahkan Bibit Tomat ke Pot Baru

Kompas.com - 16/03/2024, 10:09 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Tomat merupakan salah satu sayuran yang banyak dibudidayakan di dalam pot. Tomat bisa ditanam menggunakan biji atau bibit yang dibeli dari tempat pembibitan. 

Salah satu hal penting yang perlu diperhatikan saat menanam tomat, baik dari biji maupun tomat yaitu terkait waktu pemindahan bibit ke pot baru.

Baca juga: 8 Cara Menanam Tomat di Dalam Ruangan agar Tumbu Subur

Pemindahan bibit harus dilakukan dengan tepat agar tanaman bisa tumbuh dengan maksimal. Dilansir dari The Spruce, Sabtu (16/3/2024), berikut ini waktu dan cara memindahkan bibit tomat ke pot baru yang perlu diketahui. 

Waktu memindahkan bibit tomat ke pot baru

Ilustrasi tanaman tomat.Shutterstock/Kei Shooting Ilustrasi tanaman tomat.

Apabila menanam tomat dari biji, maka bibit harus dipindahkan dari tray semai ke pot yang lebih besar sebelum ditanam di kebun. Dengan demikian, akar tanaman memiliki ruang untuk berkembang. 

Setelah bibit memiliki tiga daun atau lebih dan tingginya sudah mencapai tujuh hingga sepuluh cm, bibit sudah bisa dipindah ke pot yang lebih besar. 

Baca juga: Catat, Ini Waktu Terbaik Menanam Tomat agat Tumbuh Subur

Idealnya, proses pemindahan bibit ini dilakukan sekitar empat minggu sebelum memindahkan bibit ke kebun atau pot di luar ruangan. 

Cara memindahkan bibit tomat ke pot baru

Saat tinggi bibit sudah mencapai tujuh cm dan memiliki tiga set daun, maka pada saat itulah bibit tomat sudah bisa dipindahkan ke pot. Adapun tata cara memindahkan bibit tomat ke pot baru, seperti berikut:

  • Pilih pot yang tepat

Langkah awal yang perlu dilakukan saat memindahkan bibit yaitu menyiapkan pot yang baru. Pilihlah pot yang kedalamannya kurang lebih sepuluh cm dengan lubang drainase yang cukup agar akar tidak tergenang. 

Sebaiknya, pilih pot biodegradable yang dapat ditanam langsung di taman, pot bunga daur ulang, atau cangkir kopi styrofoam

Baca juga: Cara Menanam Tomat Hidroponik agar Hasil Panennya Berkualitas

  • Isi wadah dengan media tanam

Selanjutnya, isi wadah dengan media tanam. Namun, jangan gunakan tanah kebun karena terlalu berat untuk menggembangkan akar yang lunak. 

  • Basahi bibit tomat

Siram bibit tomat dengan baik beberapa jam sebelum dipindahkan ke pot yang lebih besar. Penyiraman dilakukan untuk mencegah bibit mengering selama proses pemindahan dan membantu menjaga campuran media tanam tetap menempel pada akar. 

  • Keluarkan bibit dari wadah penyemaian

Ilustrasi tanaman tomat dengan buah hijau atau belum matang.Shutterstock/yoshi0511 Ilustrasi tanaman tomat dengan buah hijau atau belum matang.

Dorong bibit keluar dari tray semai sampai akar keluar. Lakukan pemindahan bibit dengan hati-hati agar bibit tidak rusak. Jangan menarik batang bibit tomat karena bisa membuat batang patah dan rusak. 

Baca juga: Mudah, Ini Tips Menanam Tomat agar Buahnya Lebih Manis

  • Tempatkan bibit di pot baru

Cara memindahkan bibit tomat selanjutnya yaitu menempatkan bibit ke pot baru. Pastikan batang bibit tertanam hingga dua pertiga bagian. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com