Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/02/2021, 08:42 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Memberikan nutrisi dengan pemberian pupuk pada tanaman merupakan salah satu cara untuk tanaman tumbuh dengan subur dan sehat.

Berbagai pupuk dari organik hingga buatan bisa menjadi pilihan yang sesuai dengan jenis tanaman masing-masing, dan tentunya dengan kadar yang sesuai.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Rabu (10/2/2021), ada beragam jenis limbah dapur atau rumah tangga yang bisa dijadikan pupuk yang berguna untuk tanaman, sebagai berikut. 

Baca juga: 8 Manfaat Ampas Kopi, Tak Cuma Jadi Pupuk dan Kompos Tanaman

1. Kopi dan teh

Bubuk kopi adalah tambahan yang bagus untuk kompos, dan Anda dapat membuangnya ke tumpukan kompos tanpa khawatir. Ini juga berlaku untuk daun teh bekas, dan kantong teh yang terbuat dari bahan alami.

Karena pembusukan perlu terjadi untuk melepaskan nutrisi yang dapat digunakan tanaman, lebih baik untuk membuat kompos terlebih dahulu daripada menambahkannya langsung ke tanaman.

Jika tidak, mereka kemungkinan akan mendorong pertumbuhan jamur di pot tanaman. Selain itu, jika ditambahkan di lapisan yang terlalu tebal, mereka dapat menghambat penyerapan air.

Lantas, bagaimana jika cairan kopi yang disiram atau disemprot langsung ke tanaman? Cairan ini mengandung nutrisi seperti nitrogen yang dibutuhkan tanaman untuk pertumbuhan yang sehat, tetapi harus digunakan dengan kadar yang sedikit.

Baca juga: Ampas Kopi Bisa Dijadikan Kompos, Begini Cara Membuatnya

Sebelum Anda menuang kopi, encerkan dengan jumlah air yang sama dan pastikan hanya menggunakan kopi hitam atau teh dan jangan tambahkan gula ke dalamnya.

Tunggu untuk menyiram sampai tanah tanaman Anda kering saat disentuh, dan gunakan sisa kopi yang sudah diencerkan hanya sekitar sekali seminggu.

Baik kopi dan teh yang diseduh sedikit asam dan seiring waktu dapat terlalu banyak mengubah kimia tanah di dalam pot Anda. Jika Anda melihat ada yang menguning di ujung daun, artinya tanaman tidak bisa menerima kopi atau teh ini.

2. Cangkang telur

Kulit telur ayam kaya akan kalsium yang dibutuhkan tanaman untuk mengembangkan struktur seluler yang kuat. Cangkang telur juga mengandung sedikit zat besi, fosfor, dan magnesium, yang penting untuk pertumbuhan yang sehat.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com