8 Manfaat Ampas Kopi, Tak Cuma Jadi Pupuk dan Kompos Tanaman

Kompas.com - 22/01/2021, 16:44 WIB
Ilustrasi ampas kopi. SHUTTERSTOCK/NOR GALIlustrasi ampas kopi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah menyeruput dan meminum sajian kopi yang nikmat, tidak sedikit orang pasti akan membuang ampas kopi yang tersisa di gelas kopi yang ia minum.

Padahal, ampas kopi memiliki manfaat tak terduga untuk beberapa hal, sehingga membuang ampas kopi begitu saja ke tempat sampah sangat disayangkan.

Setelah membaca artikel ini, kamu mungkin akan mempertimbangkan kembali untuk tidak lagi membuang ampas kopi yang banyak gunanya.

Dilansir dari beberapa sumber, Jumat (22/1/2021), di bawah ini ada 8 manfaat yang didapat dari ampas kopi bekas.

Baca juga: Ampas Kopi Bisa Dijadikan Kompos, Begini Cara Membuatnya

1. Menjadi pupuk tanaman

Bubuk kopi mengandung beberapa mineral penting untuk pertumbuhan tanaman, seperti nitrogen, kalsium, kalium, zat besi, fosfor, magnesium dan kromium.

Mereka juga dapat membantu menyerap logam berat yang dapat mencemari tanah. Terlebih lagi, bubuk kopi membantu menarik cacing, yang bagus untuk kebun di rumahmu.

Untuk menggunakan ampas kopi sebagai pupuk, cukup taburkan ke tanah di sekitar tanamanmu.

2. Kompos

Pengomposan adalah proses alami yang mengubah barang-barang organik seperti sisa makanan dan puing-puing di halaman menjadi bahan kaya yang gelap yang disebut kompos atau humus.

Baca juga: 8 Pupuk Organik Terbaik untuk Tanaman, Bisa Dibuat Sendiri di Rumah

Menambahkan kompos ke pekarangan atau kebun dapat membantu tanah menahan lebih banyak nutrisi dan air, sehingga meningkatkan kesehatan tanaman.

Satu studi menemukan bahwa kompos yang dibuat dengan ampas kopi dan limbah dapur lebih kaya nutrisi daripada kompos yang dibuat dengan limbah saja.

Item lain untuk kompos termasuk potongan rumput, daun, kulit kayu, cangkang telur, roti basi dan sisa buah dan sayuran.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X