Ampas Kopi Bisa Dijadikan Kompos, Begini Cara Membuatnya

Kompas.com - 14/01/2021, 11:50 WIB
Ilustrasi ampas kopi. PEXELS/PIXABAYIlustrasi ampas kopi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Anda yang senang meracik dan menyeruput kopi di pagi hari kemungkinan besar membuang ampas kopi yang sudah terpakai. Namun, mulai sekarang tampaknya Anda jangan lagi membuang ampas kopi.

Sebab, ampas kopi memiliki manfaat sebagai kompos dan pupuk bagi tanaman. Ini sangat berguna apalagi jika Anda memiliki koleksi tanaman hias di rumah.

Nah, bagaimana cara membuat kompos dari ampas kopi? Dilansir dari Gardening Know How, Kamis (14/1/2020), berikut ini penjelasannya.

Baca juga: Kopi Bisa Jadi Pupuk Tanaman, Simak Caranya

Membuat kompos dari ampas kopi

Membuat kompos dari ampas kopi adalah cara yang baik untuk memanfaatkan sesuatu yang pada akhirnya akan berakhir di tempat sampah. Penggunaan ampas kopi membantu menambahkan nitrogen ke tumpukan kompos Anda.

Membuat kompos bubuk kopi semudah membuang bubuk kopi bekas ke tumpukan kompos Anda. Filter kopi bekas juga bisa dibuat kompos.

Jika Anda akan menambahkan ampas kopi bekas ke tumpukan kompos, perlu diingat bahwa itu termasuk bahan kompos hijau dan perlu diimbangi dengan penambahan beberapa bahan kompos cokelat.

Ampas kopi jadi pupuk

Penggunaan ampas kopi untuk berkebun tidak berakhir dengan kompos. Banyak orang memilih menaburkan ampas kopi langsung ke tanah dan menggunakannya sebagai pupuk tanaman

Baca juga: Kenapa Tanaman Harus Diberi Pupuk? Ini Penjelasannya

 

Hal yang perlu diingat adalah meskipun bubuk kopi menambahkan nitrogen ke kompos, nitrogen tidak akan langsung ditambahkan ke tanah.

Manfaat menggunakan ampas kopi sebagai pupuk adalah menambahkan bahan organik ke tanah, yang meningkatkan drainase, retensi air dan aerasi di tanah.

Ampas kopi juga akan membantu mikroorganisme yang bermanfaat untuk pertumbuhan tanaman tumbuh subur sekaligus menarik cacing tanah.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X