Kompas.com - 17/04/2021, 19:41 WIB
Ilustrasi kamar tidur minimalis. SHUTTERSTOCK/PHOTOGRAPHEE.EUIlustrasi kamar tidur minimalis.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki kamar tidur dengan luasan terbatas, menjadi sebuah tantangan besar. Sebab, harus mendekorasi ruangan kecil dan sederhana dengan senyaman mungkin.

Namun, sebenarnya untuk mengatasi hal ini tidak terlalu rumit dibandingkan dengan ruangan kecil lainnya, karena kamar tidur tidak memerlukan banyak furnitur di dalamnya.

Dilansir dari Apartment Therapy, Sabtu (17/4/2021), meskipun tidak begitu sulit menangani kamar tidur kecil, namun yang perlu diperhatikan adalah aliran gerakan dan perasan yang tenang merupakan hal yang penting.

Baca juga: 9 Ide Warna Cat Dinding untuk Kamar Tidur Anak

Berikut lima cara menata kamar tidur sempit namun bisa memberikan kenyamanan.

1. Usahakan simetris

Pertama, Anda bisa menempatkan tempat tidur berpusat di bawah jendela besar, meja samping tempat tidur di setiap sisi, dan lemari pakaian terbuka di dinding seberang.

Dalam kebanyakan kasus, beberapa orang menyukai kamar tidur simetris dengan akses mudah ke kedua sisi tempat tidur, dan untuk memudahkan penggantian seprai. Simetri semacam ini juga akan membuat kamar tidur terasa lebih luas.

Untuk membuatnya mungkin, perbesar ukuran meja samping tempat tidur dan pikirkan tinggi, bukan lebar, untuk penyimpanan Anda.

Baca juga: Simak, Ide Mendekorasi Kamar Tidur Anak Perempuan

2. Kurangi meja samping tempat tidur

Berikut opsi lain yang yang bisa pertimbangkan, yakni masih dengan akses dua sisi ke tempat tidur, namun Anda bisa menyingkirkan satu meja samping tempat tidur.

Bahkan dengan menyingkirkan satu meja samping tempat tidur akan menambahkan ruang yang cukup untuk pintu lemari pakaian saat terbuka.

3. Hilangkan meja samping tempat tidur

Terkadang hanya ada satu dinding yang layak untuk tempat tidur, dan terlalu pendek untuk meja samping tempat tidur.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X