Kompas.com - 17/04/2021, 16:19 WIB
Ilustrasi ventilasi udara, membuka jendela SHUTTERSTOCK/polkadot_photoIlustrasi ventilasi udara, membuka jendela

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki kualitas udara di dalam rumah yang baik, memberikan kenyamanan dalam beraktivitas sehari-hari. Selain itu, kualitas udara yang bagus akan menjauhkan dari masalah kesehatan pernapasan.

Seperti yang dilansir dari Treehugger, Sabtu (17/4/2021), baik di dalam maupun di luar ruangan kualitas udara yang Anda hirup dapat berdampak besar pada kesehatan Anda.

Penelitian telah mengaitkan kualitas udara luar yang buruk dengan kanker paru-paru, stroke, dan penyakit jantung.

Baca juga: Udara di Dalam Rumah Kering? Letakkan 5 Tanaman Hias Ini

Udara di dalam rumah Anda biasanya lebih tercemar daripada udara di luar. Penelitian menunjukkan bahwa kita menghabiskan sebagian besar waktu kita di dalam ruangan, yang menjadi alasan lebih untuk mulai membersihkan ruangan kita

Lantas, mengapa udara di dalam rumah bisa tercemar? Ada banyak sekali alasan mengapa udara dalam ruangan Anda bisa tercemar.

Beberapa sumber, seperti perabotan dan bahan bangunan, dapat melepaskan polutan secara terus menerus. Sumber lain, seperti merokok, membersihkan, atau merenovasi, dapat melepaskan polutan sesekali.

Peralatan yang tidak terhalang atau tidak berfungsi dapat melepaskan tingkat polutan yang berpotensi berbahaya di dalam ruangan.

Baca juga: 8 Cara Meningkatkan Kualitas Udara di Dalam Rumah

Pun jika menurut Anda menyemprotkan penyegar udara beraroma akan membersihkan udara Anda, pikirkan lagi. Aroma itu juga merupakan bentuk polusi udara dalam ruangan, dan sebagian besar penyegar udara melepaskan lebih banyak bahan kimia yang berpotensi berbahaya ke dalam rumah Anda.

Namun, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membersihkan udara di dalam rumah tersebut, sebagai berikut.

1. Membuka jendela

Ini adalah hal termudah yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kualitas udara dalam ruangan. Buka jendela Anda bahkan hanya selama lima menit sehari untuk mengurangi akumulasi polutan udara berbahaya di udara dalam ruangan Anda.

Halaman:


Sumber Treehugger
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X