Kompas.com - 17/04/2021, 17:37 WIB
Ilustrasi pendingin ruangan atau AC (air conditioner). SHUTTERSTOCK/KWANGMOOZAAIlustrasi pendingin ruangan atau AC (air conditioner).

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendingin ruangan alias AC tak mau menyala meski sudah dinyalakan? Hal ini pasti membuat siapa pun merasa bingung sekaligus kesal, terlebih terjadi saat suasana atau cuaca panas melanda.

AC yang tak mau menyala saat dinyalakan bukanlah sebuah hal yang tak mungkin terjadi, dan kejadian ini bisa saja kamu alami suatu saat nanti.

Berbicara mengenai masalah AC tidak mau menyala bisa disebabkan oleh berbagai hal, yang mungkin tidak kamu sadari ataupun mengerti.

Baca juga: Tinggal di Kawasan Dekat dengan Laut Bisa Merusak AC Lebih Cepat?

Dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (17/4/2021), berikut ini berbagai kemungkinan yang membuat AC yang kamu miliki tidak mau menyala meski sudah kamu coba nyalakan.

1. Remote AC tak menyala atau rusak

AC yang tidak mau menyala bisa jadi karena remote AC yang kamu gunakan untuk menghidupkannya mengalami kerusakan atau kehabisan baterai.

Untuk memastikannya, coba mendekatkan remote ke AC lalu coba kontrol AC tersebut dengan remote. Apabila nantinya remote ini tidak berfungsi, coba ganti baterainya dengan baterai yang baru.

Akan tetapi, setelah baterai remote AC sudah kamu ganti tapi tetap tidak bisa digunakan untuk menyalakan AC, kemungkinan remote AC sudah rusak dan kamu perlu menggantinya dengan yang baru.

2. Filter udara tersumbat

Seberapa sering kamu mengganti filter udara? Ini adalah sesuatu yang kebanyakan orang tahu perlu dilakukan secara teratur, tetapi ini bukanlah sesuatu yang diprioritaskan.

Baca juga: Apakah Perlu Menggunakan Humidifier di Ruangan Ber-AC?

Mari kamu lihat beberapa aturan dasar pada sebuah unit AC. Filter udara bersih memastikan aliran udara yang tepat. Saat mereka dilapisi dengan kotoran dan debu, udara terhalang.

Dalam keadaan normal, AC akan menyerap kelembapan dari rumahmu. Tetesan air kemudian akan jatuh ke dalam baki kondensasi, dan dialirkan ke luar melalui saluran pembuangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X