Kompas.com - 17/04/2021, 19:01 WIB
Ilustrasi kamar mandi. SHUTTERSTOCK/ARTAZUMIlustrasi kamar mandi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi adalah ruangan terbasah di rumahmu, di mana segala aktivitas yang berkaitan dengan air dilakukan di sana, entah mandi, buang air, atau sekadar mencuci muka dan sebagainya.

Karena sering terpapar air dan selalu basah, hal tersebut membuat ruang di kamar mandi dipenuhi dengan kelembaban tinggi.

Dengan munculnya kelembaban yang tinggi, masalah klasik di kamar mandi pun muncul, mulai dari jamur, lumut, bau yang tak menyenangkan, wallpaper yang terkelupas, hingga cat yang mengembang dan mengelupas.

Baca juga: Trik Menjaga Lantai Kamar Mandi agar Tetap Bersih

Untungnya, menciptakan ventilasi yang tepat untuk kamar mandimu dapat menjaga kelembapan dan masalah yang ditimbulkannya.

Dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (17/4/2021), berikut ini 6 cara untuk mencegah penumpukan kelembapan yang berlebihan di kamar mandimu.

1. Pilih exhaust fan yang tepat untuk kamar mandi

Jika kamu tidak memiliki jendela di kamar mandi, kamu memerlukan kipas exhaust untuk ventilasi kamar mandi.

Kipas exhaust bekerja untuk menarik keluar udara di kamar mandi yang mengandung kelembapan, sekaligu melepas bau ke luar ruang kamar mandi.

Baca juga: Rahasia Menjaga Kamar Mandi Tetap Bersih Sepanjang Waktu

Ada beragam pilihan kipas exhaust yang bisa kamu pilih untuk kamar mandimu, yang mana itu dipasang di dinding atau plafon.

2. Jangan pasang exhaust fan di tempat yang salah

Setelah kamu memilih kipas exhaust kamar mandi dengan kapasitas yang tepat, pastikan untuk memasangnya di tempat yang tepat.

Idealnya, kipas exhaust harus berada di dekat bak mandi atau shower. Dan untuk ventilasi kamar mandi yang baik, kipas exhaust milikmu perlu keluar dari ventilasi, bukan ke loteng atau area lain di rumah.

3. Biarkan exhaust fan bekerja cukup lama

Biarkan kipas exhaust kamar mandi bekerja di sepanjang bak mandi atau shower. Biarkan selama setidaknya 15 menit setelah kamu selesai mengangin-anginkan ruangan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X