Kompas.com - 17/04/2021, 13:26 WIB
Ilustrasi tanaman hias pothos atau sirih gading. UNSPLASH/SEVERIN CANDRIANIlustrasi tanaman hias pothos atau sirih gading.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sirih gading atau pothos adalah salah satu tanaman hias terpopuler. Tanaman ini tumbuh sehat di bawah sinar matahari tidak langsung yang cerah, menjadikannya ideal sebagai tanaman hias indoor alias dalam ruangan.

Tidak hanya itu, sirih gading pun sangat mudah dirawat, serta tidak perlu sering disiram, sehingga cocok untuk Anda yang sibuk atau malas terlalu sering merawat tanaman hias.

Namun demikian, kerap kali muncul tanda-tanda gangguan kesehatan pada tanaman ini, seperti daun sirih gading berubah warna menjadi cokelat, kering, layu, dan perubahan warna secara umum.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Sirih Gading di Pot, Tidak Perlu Banyak Perhatian

Nah, apa sebenarnya penyebab daun sirih gading berubah warna menjadi cokelat? Dilansir dari Gardenine, Sabtu (17/4/2021), berikut penjelasan mengenai penyebabnya.

Pada dasarnya, daun sirih gading berubah warna menjadi cokelat karena terlalu banyak air, tergenang air, terpapar terlalu banyak sinar matahari, atau terkena penyakit bercak daun.

Terlalu banyak pupuk juga dapat menyebabkan munculnya bercak daun dan perubahan warna daun sirih gading menjadi cokelat.

Area umum tanaman sirih gading yang berubah warna menjadi cokelat

Baik penyakit maupun rutinitas perawatan yang buruk dapat menyebabkan berbagai bagian tanaman pothos menjadi coklat atau kuning. Bagian paling umum tanaman sirih gading yang akan berubah warna karena berbagai penyebab adalah sebagai berikut.

Baca juga: Ingat, Sirih Gading dan Philodendron itu Berbeda

  • Batang. Batang berwarna cokelat pada sirih gading biasanya merupakan tanda kematian sebagian tanaman.
  • Daun. Daun sirih gading yang berubah warna cokelat bisa disebabkan penyakit bercak daun.
  • Ujung daun. Penyebabnya adalah penggunaan pupuk yang berlebihan.

Untuk memperbaiki kondisi bercak daun dan ujung daun sirih gading yang berubah warna menjadi cokelat, biarkan 25 persen bagian atas tanah mengering sebelum disiram dan berikan cahaya tidak langsung yang terang.

Halaman:


Sumber Gardenine
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X