Kompas.com - 02/04/2021, 17:47 WIB
Ilustrasi tanaman sirih gading di pot. PIXABAY/LUISELLA PLANETA LEONIIlustrasi tanaman sirih gading di pot.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pothos atau sirih gading merupakan salah satu jenis tanaman hias yang dipilih oleh penghuni rumah. Tanaman ini cocok ditempatkan di meja, rak tanaman, maupun di pot sebagai tanaman hias gantung.

Selain itu, banyak pemilik rumah menjadikan deretan pot berisi tanaman sirih gading sebagai dekorasi rumah. Pun tanaman ini bisa ditanam di air, sehingga menarik pesonanya tersendiri.

Nah, untuk Anda yang ingin merawat sirih gading di pot, caranya sangat mudah. Sebab, secara umum sirih gading sangat mudah untuk tetap hidup alias tidak mudah mati.

Baca juga: Ingat, Sirih Gading dan Philodendron itu Berbeda

Tanaman ini pun tidak perlu sering disiriam agar tetap hidup. Meskipun demikian, jika Anda ingin merawat sirih gading agar tumbuh subur, berikut caranya seperti dikutip dari Apartment Therapy, Jumat (2/4/2021).

Cara merawat sirih gading di pot

Pencahayaan

Sirih gading tumbuh dengan baik dalam berbagai kondisi cahaya. Oleh karena itu, tanaman ini merupakan pilihan yang sangat baik bahkan untuk rumah dengan cahaya redup.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Usahakan untuk menghindari sinar matahari langsung. Sirih gading yang ditempatkan dalam kondisi cahaya redup dapat kehilangan sebagian warna putihnya karena hanya bagian hijau daun yang dapat menyerap cahaya.

Di sisi lain, jika Anda melihat daun sirih gading terlihat lebih pucat dari biasanya, itu pertanda tanaman Anda mendapatkan terlalu banyak cahaya.

Baca juga: Sirih Gading dan Philodendron Tampak Mirip, Apa Bedanya?

Kondisi tanah dan penyiraman

Sirih gading sebenarnya tidak harus ditanam di tanah. Bahkan, sirih gading bisa hidup di wadah berisi air.

Jika Anda merawat sirih gading di pot, media tanam apapun tidak menjadi masalah.

Dalam hal penyiraman, sirih gading bekerja paling baik jika tanahnya dibiarkan mengering di antara penyiraman. Seperti halnya tanaman apa pun, perhatikan daun untuk melihat tanda-tanda kesehatan tanaman.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.