Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/04/2021, 14:57 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika kamu sudah lama memelihara atau mengoleksi ikan cupang, kemungkinan besar kamu pernah mendengar tentang daun ketapang.

Daun ketapang sering disebut sebagai keajaiban alam dalam dunia ikan cupang, di mana terdapat beragam manfaat luar biasa bagi pertumbuhan dan kehidupan ikan cupang.

Ada klaim bahwa daun ketapang yang direndam atau air rendaman daun ketapang mampu membawa ikan cupang kembali dari ambang kematian, membantu cupang bertelur dan bahkan mengurangi stres.

Baca juga: Apakah Ikan Cupang Pernah Merasa Kesepian dan Butuh Teman?

Lantas apa saja manfaat daun ketapang ketika direndam pada air ikan cupang? Dikutip dari berbagai sumber, Rabu (14/4/2021), kamu akan mengetahui ragam manfaat luar biasa daun ketapang untuk ikan cupang.

Melihat channel Youtube Obbie Home, daun ketapang disebut mengandung sifat air yang mengandung tanin. Kandungan tersebut dapat mengurangkan pH air sehingga nyaman untuk ikan.

Daun ketapang juga bersifat antibakteri dan antijamur sehingga membantu perkembangan ikan cupang agar lebih baik.

Biasanya ikan cupang yang sering diberi vitamin air daun ketapang warnanya akan cerah dan pertumbuhannya akan lebih sehat.

Baca juga: 6 Penyebab Ikan Cupang Betina Tidak Mau Kawin

Mari ketahui lebih jauh terkait manfaat daun ketapang ketika direndam ke air ikan cupang, berikut di antaranya.

1. Tingkatkan kualitas air akuarium ikan cupang

Ketika dimasukkan ke dalam akuarium ikan cupang, daun ketapang secara bertahap akan rusak. Pada saat proses itu, daun ketapang melepaskan asam tanat, tanin, dan zat lain ke dalam air di akuarium ikan cupang.

Saat asam tanat dilepaskan, ini menurunkan pH air. Jika menginginkan solusi alami untuk mengurangi tingkat pH di akuarium ikan cupangmu, daun ketapang adalah jawabannya.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa daun ketapang dapat secara signifikan menurunkan kesadahan air (GH), yang dapat bermanfaat bagi mereka yang menggunakan air sadah di akuarium ikan cupang.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com