Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Daun Anthurium Berubah Warna Jadi Cokelat?

Kompas.com - 21/03/2021, 18:37 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Anthurium adalah salah satu tanaman hias populer karena penampilannya yang menarik. Selain itu, Anthurium juga seringkali memiliki bunga yang mekar sepanjang tahun.

Nah, jika Anda memperhatikan daun Anthurium berubah warna jadi cokelat, Anda harus segera mengidentifikasi penyebab dan cara menanganinya.

Penyebab umum daun Anthurium berubah warna menjadi cokelat adalah sinar matahari langsung yang berlebihan, menyebabkan daun gosong. Selain itu, penyebab lainnya adalah penyiraman yang salah, kelembaban rendah, dan aklimatisasi.

Baca juga: Ingin Merawat Anthurium? Perhatikan Hal Ini

Dilansir dari Smart Garden Guide, Minggu (21/3/2021), berikut beberapa penyebab daun Anthurium berubah warna menjadi cokelat dan cara menanganinya.

1. Kelebihan sinar matahari langsung

Ini mungkin penyebab paling umum daun cokelat pada Anthurium. Sinar matahari langsung yang kuat akan menyebabkan kerusakan panas pada daun tanaman Anda, menyebabkan bercak cokelat pada daun.

Daun bagian atas dan daun yang paling terpapar sinar matahari akan menjadi yang pertama terkena. Pola daun kecoklatan dan posisi tanaman Anthurium di rumah seharusnya membuat masalah ini cukup sederhana untuk diidentifikasi.

Banyak orang berasumsi bahwa Anthurium menyukai banyak sinar matahari, tetapi sebenarnya mereka berkembang jauh lebih baik dalam cahaya terang dan tidak langsung.

Baca juga: Hindari 6 Kesalahan dalam Merawat Anthurium

Solusinya tentu saja hanya memindahkan tanaman Anda kembali dari jendela ke lokasi yang terang, tetapi tidak menerima banyak sinar matahari langsung di siang hari.

Jika Anda tidak yakin seberapa terang rumah Anda, Anda dapat mengunduh aplikasi pengukur cahaya untuk ponsel cerdas apa pun. Ada banyak aplikasi gratis di Apple store atau Android Play Store yang menggunakan kamera ponsel untuk membaca tingkat cahaya di rumah Anda.

Setelah memindahkan tanaman Anda ke lokasi yang lebih cocok, tahan godaan untuk memangkas dedaunan yang rusak. Biarkan tanaman Anda menyesuaikan diri dengan kondisi baru, dan tunggu sampai menghasilkan pertumbuhan baru yang sehat sebelum memangkas daun cokelat.

2. Terlalu sering disiram (overwatering)

Terlalu banyak air adalah masalah paling umum yang akan Anda hadapi saat merawat tanaman hias, dan dengan mudah menjadi salah satu penyebab paling umum daun cokelat pada tanaman hias Anthurium.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com