Kompas.com - 17/04/2021, 12:47 WIB
Ilustrasi dokter hewan. SHUTTERSTOCK/FAMVELDIlustrasi dokter hewan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain sebagai sahabat di rumah, memiliki hewan peliharaan sangat bagus untuk kesehatan fisik dan mentalmu.

Namun, jika mereka sakit atau menjalani pemeriksaan tahunan yang mahal, memiliki hewan peliharaan mungkin dapat merusak keuanganmu karena biaya ke untuk terus merawat dan memberi kebutuhan teman berbulumu.

Salah satu pengeluaran yang dapat dengan cepat bertambah adalah tagihan dokter hewan, yang dapat menghabiskan biaya yang tak sedikit dari kantongmu.

Baca juga: 5 Cara Merawat Kucing Diare, Tak Perlu Langsung ke Dokter Hewan

Untuk membantu mengurangi biaya, terdapat beberapa tips jangka pendek dan jangka panjang untuk membantumu mengurangi tagihan dokter hewan, dilansir dari laman Value Champion, Sabtu (17/4/2021).

1. Pencegahan adalah kuncinya: Perkuat gaya hidup sehat

Untuk menghindari tagihan tinggi dokter hewan, terapkan kebiasaan kebersihan yang baik untuk hewan peliharaanmu sejak dini, salah satunya menyikat gigi.

Untuk merawat hewan peliharaanmu sendiri, kamu dapat mencari dan membeli perlengkapan perawatan secara online yang memiliki harga terendah.

Selain estetika eksternal, pertahankan berat hewan peliharaanmu dengan memberi mereka makanan bergizi.

Baca juga: Apakah Hand Sanitizer Aman untuk Anjing? Ini Penjelasan Dokter

Mungkin lebih mahal untuk membeli makanan khusus dibandingkan dengan makanan hewan peliharaan tradisional dengan aditif biji-bijian.

Akan tetapi, penelitian telah menemukan bahwa anjing yang makan makanan non-olahan versus makanan berbasis biji-bijian memiliki kasus masalah jantung yang lebih rendah, peningkatan energi, penglihatan yang lebih sehat, dan bulu yang lebih bersinar.

2. Bicaralah dengan dokter hewanmu tentang resep generik

Tanpa sepengetahuanmu, dokter hewan mungkin meresepkan obat resep bermerek dengan harga yang lebih tinggi untuk hewan peliharaanmu.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X