Kompas.com - 17/04/2021, 10:21 WIB
Ilustrasi tanaman kaktus. PIXABAY/MILIVIGEROVAIlustrasi tanaman kaktus.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasukkan kaktus ke dalam ruangan rumah adalah salah satu cara instan yang berguna untuk mempermanis dekorasi sebuah ruang.

Dibandingkan dengan tanaman hias berdaun, memasukkan kaktus ke dalam ruangan dianggap lebih tidak merepotkan karena tak akan ada sampah daun yang berserakan ketika gugur, sekaligus lebih kuat dan gampang dibersihkan.

Akan tetapi, tata cara perawatan kaktus di dalam ruangan tidak bisa disamakan dengan kaktus yang diletakkan di luar ruangan.

Baca juga: Trik Merawat Kaktus di Dalam Ruangan

Kebanyakan para pecinta kaktus di dalam ruangan kerap mengeluh karena kaktusnya membusuk, mengecil, bahkan mati setelah ditanam 1 sampai 2 bulan. Hal ini bisa terjadi karena tata cara perawatan yang keliru.

Jadi, apabila kamu memiliki kaktus yang dijadikan elemen dekorasi penghias di dalam rumah, maka kamu perlu merawatnya dengan benar agar tidak busuk dan mati.

Dilihat dari channel Youtube Bisnis Rumahan Putri, Sabtu (17/4/2021), berikut ini 4 cara merawat kaktus di dalam ruangan agar tidak busuk dan mati.

1. Pilih tanaman kaktus yang sehat

Tanaman kaktus yang sehat bisa ditandai dengan tumbuhnya duri baru yang berwarna lebih cerah di bagian ujungnya.

Baca juga: Simak, Cara Menyiram Kaktus yang Benar

Kaktus sehat juga bisa dilihat dari tidak adanya jamur di bagian kulit badannya, serta tidak berlumut.

Selain itu, kaktus sehat tidak akan mendapati serangga atau hama di media tanamnya yang menandakan akar kaktus sedang terinfeksi.

Dengan memilih tanaman kaktus yang sehat, maka itu akan memudahkanmu untuk merawat kaktus yang ditempatkan di dalam ruangan.

2. Pastikan kaktus mendapat penyinaran yang cukup

Karena merupakan tanaman gurun pasir, kaktus adalah tanaman yang menyukai sinar matahari.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X