Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/04/2021, 20:21 WIB
Dian Reinis Kumampung,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com — Tak hanya sayuran, kita juga bisa menanam buah-buahan sendiri di taman rumah atau balkon apartemen.

Buah yang ditanam sendiri mungkin tidak akan sebesar buah yang dijual di pasaran. Namun, pengalaman menanam dan memanen akan memberikan kepuasan sendiri.

Salah satu buah yang bisa kamu tanam sendiri adalah stroberi. Victoria Ho dan putrinya Summer Fong, pendiri blog SG Strawberries mengatakan.

Baca juga: Tips Menanam Anggur di Rumah dan Apartemen

Stroberi rumahan berukuran sebesar ujung jari, dan rasanya manis,” ujarnya seperti dilansir dari Her World, Senin (5/4/2021).

Berikut adalah sembilan tips menanam buah stroberi di rumah yang bisa kamu coba:

1. Lakukan di bulan Agustus, saat cuaca semakin dingin.

2. Taruh beberapa benih (kamu bisa mendapatkannya dari pembibitan mana pun) ke dalam wadah tertutup berisi air dan bekukan ke dalam lemari pendingin setidaknya selama 12 jam. Suhu dingin membuat benih berkecambah meskipun cuaca sekitar kita panas. Cairkan hanya saat kamu ingin menanamnya.

3. Buat lubang di dasar beberapa wadah plastik atau styrofoam kecil dan isi dengan tanah lembab. Tempatkan benih di permukaan tanah, tetapi jangan menguburnya.

Baca juga: Cara Menanam dan Merawat Bonsai untuk Pemula

4. Letakkan wadah di ambang jendela atau meja di area dengan sinar matahari pagi yang cerah. Benih tidak membutuhkan pendingin udara, tetapi akarnya harus tetap sejuk.

Trik bagus: Miringkan wadah ke arah matahari sehingga bagian atas tanah menjadi panas, tetapi bagian bawahnya tetap dingin.

5. Jangan menyirami benih dengan cara konvensional, karena kamu dapat menenggelamkannya. Sebagai gantinya, tempatkan wadah benih ke dalam nampan dangkal yang diisi air selama beberapa menit, sehingga tanah hanya menyerap sebanyak yang dibutuhkannya. 

Setelah itu keluarkan nampan dan taruh kembali wadah benih pada posisi semula.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com