Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tanda Tanaman Membutuhkan Pot yang Lebih Besar

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, membeli tanaman hias baru adalah kegiatan yang menyenangkan. Beberapa orang senang mengganti pot tanaman dengan yang baru setelah dibawa pulang.

Namun, setelah penggantian pot tanaman untuk pertama kalinya itu, bagaimana cara mengetahui kapan harus memindahkan tanaman ke pot yang lebih besar?

“Dengarkan saja tanaman Anda. Bila Anda memperhatikan tanaman, Anda tahu, mereka akan selalu memberi tahu Anda apa yang mereka butuhkan," kata Alfred Palomares, wakil presiden merchandising di 1-800-Flowers seperti dikutip dari Well and Good, Selasa (27/4/2021).

Berikut ini beberapa tanda tanaman membutuhkan pot yang lebih besar. 

1. Akar tumbuh dari dasar pot

Jika tanaman berada di dalam pot dengan lubang drainase, Anda mungkin memperhatikan bahwa akarnya tumbuh dari dasar pot.

“Jika sudah ada cukup lama, Anda ingin melihat apakah akarnya mulai tumbuh dari dasar wadah. Itu akan menjadi tanda nomor satu Anda bahwa sudah waktunya dipindahkan karena sedang mencari tanah dan nutrisi tambahan di sana," jelas Palomares.

2. Sebuah gumpalan akar terbentuk

“Seringkali jika Anda dapat dengan mudah mengambil tanaman dari pot itu dan Anda mulai melihat akarnya tumbuh seperti melingkar ke arah bawah, itu berarti mereka kehabisan ruang,” kata Palomares.

Saat itulah Anda akan mendapati gumpalan akar atau rootball. Ketika ini terjadi, Anda mungkin juga memperhatikan bahwa tanah bergeser di dalam lubang saat akar mulai mendorong tanaman ke atas dan keluar dari pot.

Sebelum mengganti pot, Palomares mengatakan untuk memecah rumpun akar.

“Dalam beberapa kasus, Anda bahkan dapat memangkas kembali beberapa akar tersebut, terutama jika Anda berpikir bahwa Anda akan memiliki lebih banyak bola akar di mana akar tersebut telah tumbuh di sekitarnya," ungkap Palomares.

3. Dibutuhkan lebih banyak air dari biasanya

“Jika salah satu tanaman Anda hanya meminta untuk disiram seminggu sekali dan sekarang Anda menyadari bahwa Anda harus menyiram dua kali seminggu karena air mengalir begitu cepat, inilah saatnya untuk memiliki pot yang lebih besar," terang Palomares.


Setelah dimasukkan ke dalam pot yang lebih besar, akan ada lebih banyak tanah untuk menahan air yang Anda berikan untuk tanaman.

4. Tanaman tidak tumbuh

Tanaman tidak bisa tumbuh jika tidak ada ruang.

"Anda perlu memeriksa untuk melihat bagaimana (tanaman) berkembang. Jika Anda belum benar-benar melihatnya dewasa dan tumbuh seperti yang diharapkan atau seperti yang biasa Anda lakukan, bisa jadi itu sudah mengisi ruangnya," tutur Palomares. 

Cara mengganti pot tanaman

Saat memilih pot baru, jangan memilih pot yang terlalu besar karena dapat menyebabkan overwatering atau kelebihan air.

"Tanaman hias biasa yang lebih merupakan tanaman kecil dan menengah, Anda ingin memastikan bahwa Anda memilih wadah yang ukurannya sekitar dua hingga tiga inci lebih besar dan diameternya dari yang Anda miliki saat ini," jelas Palomares.

Untuk tanaman yang lebih besar, sebaiknya pilih pot berdiameter sekitar enam inci lebih besar untuk mengakomodasi rumah baru untuk tanaman Anda dan untuk sistem akar.

Selain itu, pastikan Anda menambahkan jenis tanah yang tepat untuk tanaman.

“Anda juga benar-benar ingin memastikan bahwa Anda memiliki tanah dan nutrisi yang tepat untuk tanaman itu,” kata Palomares.

“Anda perlu memastikan bahwa media tanam sudah tepat dan sudah ada pupuk dan makanan nabati di sana. Jangan memberi makan tanaman Anda secara berlebihan dengan menambahkan pupuk tambahan, karena itu bisa berdampak negatif pada tanaman.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/27/191000676/4-tanda-tanaman-membutuhkan-pot-yang-lebih-besar

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke