Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/02/2021, 12:43 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak peduli seberapa banyak kamu membersihkannya, debu yang telah kamu singkirkan dari segala macam benda dan furnitur di rumahmu akan selalu muncul kembali. Hal ini tentu tidak akan pernah menyenangkan bagi setiap pemilik rumah.

Selain membuat kondisi rumah menjadi kotor, debu dapat memengaruhi masalah kesehatan bagi seseorang, terlebih bagi mereka yang memiliki alergi, sudah pasti sangat terganggu.

Karena debu terus muncul, mungkin kamu merasa menyerah dan akan membersihkannya tidak selalu sering. Tapi, itu bukan pilihan bijak untuk dilakukan, karena debu akan menumpuk lebih cepat dan semakin membahayakan.

Baca juga: 8 Cara Mudah agar Rumah Bebas Debu

Selama kamu tahu cara yang benar untuk membersihkannya dan kamu dilengkapi dengan persediaan yang tepat, bukan tugas besar untuk menyingkirkan semua debu yang merusak itu.

Agar menjauhkan rumahmu mudah terpapar debu, terdapat beberapa cara untuk membuat rumahmu terbebas dari partikel kecil tersebut.

Cara terbaik membersihkan debu di rumah

Debu terdiri dari semua jenis partikel kecil yang dapat dengan mudah tersapu oleh arus udara. Biasanya sel-sel kulit mati dari tubuh kita, serbuk sari tumbuhan, serat dari pakaian dan kertas serta kotoran lain yang tertiup angin.

Meski tidak mungkin bisa menghilangkan semua itu, ada beberapa cara mudah bagaimana cara menghilangkan partikel debu di dalam rumah, berikut di antaranya seperti yang dilansir beberapa sumber, Selasa (9/2/2021).

Baca juga: Simak, Cara Membersihkan Debu pada Layar TV

1. Dapatkan persediaan pembersih yang tepat

Kain kering atau sikat sederhana adalah pilihan paling jelas dalam hal pembersihan dan debu.

Namun, keduanya tidak menghilangkan debu sebanyak yang kamu inginkan, mereka sebagian besar memindahkan debu atau menggantungnya di udara yang kemudian mengendap di tempat lain.

Banyak produk penghilang debu yang tersedia di pasaran juga tidak berfungsi dengan baik. Yang perlu kamu perhatikan adalah kain mikrofiber berkualitas tinggi yang dapat menahan debu serta tongkat pembersih debu berkualitas baik.

Kain lap harus terasa lengket, kamu seharusnya bisa merasakan mikrofiber menempel di kulit saat kamu menyentuhnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com