Kompas.com - 09/02/2021, 10:47 WIB
Ilustrasi bantal. ShutterstockIlustrasi bantal.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kita menggunakan bantal setiap hari ketika tidur. Namun, sadarkah Anda berapa banyak kotoran dan bakteri yang ada di bantal yang digunakan setiap hari itu?

Bayangkan saja, kotoran dan bakteri dari sel-sel kulit mati, debu, tungau, sisa air liur, atau basah karena rambut bersarang di bantal Anda.

Oleh sebab itu, bantal harus dicuci secara rutin. Akan tetapi, sayangnya bantal adalah benda di kamar yang sering terlupakan dalam hal pencucian dan pembersihan.

Baca juga: Bisa Jadi Sarang Kuman, Begini Cara Membersihkan Bantal

Nah, apakah bantal bisa dicuci dengan menggunakan mesin cuci? Dilansir dari Express, Selasa (9/2/2021), berikut penjelasannya.

Mencuci bantal secara rutin penting untuk menjaganya tetap segar dan bertahan lebih lama. Ini terutama penting bagi penderita alergi.

Mencuci bantal membantu untuk menjauhkan kotoran dan debu yang menumpuk sekaligus membantu menyegarkan isiannya.

Secara umum, bantal dan selimut harus dicuci pada suhu 60 derajat celsius. Suhu ini cukup untuk membunuh tungau debu dan bakteri yang bersarang di bantal.

Baca juga: Cara Memilih Bantal yang Baik untuk Tidur Berkualitas

Nah, apakah bantal Anda bisa dicuci di mesin cuci? Jawabannya adalah hanya jenis bantal tertentu yang dapat masuk ke mesin cuci, jadi Anda harus memeriksanya sebelum memasukkannya ke dalam mesin cuci.

Sebagian besar serat dan bantal bulu angsa dapat dicuci di mesin cuci, namun dengan siklus pencucian lembut yang hangat. Adapun bantal memory foam tidak bisa dicuci di mesin cuci.

Pastikan Anda mencuci sepasang bantal secara bersamaan agar mesin cuci tetap seimbang.

Untuk mengeringkan, matikan bantal dengan api kecil, sering-seringlah mengeluarkannya untuk mengembang dan memastikannya tetap bentuk.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X