Kompas.com - 09/02/2021, 08:43 WIB
Ilustrasi wajan antilengket berlapis keramik marble. ShutterstockIlustrasi wajan antilengket berlapis keramik marble.

JAKARTA, KOMPAS.com - Panci dan wajan keramik adalah peralatan memasak yang sangat memudahkan untuk membuat sajian makanan setiap harinya, karena peralatan ini antilengket, ringan, serta memiliki desain yang cantik.

Namun, dilansir dari Martha Stewart, Selasa (9/2/2021),.tanpa perawatan yang tepat, panci dan wajan akan cepat rusak dan kehilangkan fungsi utamanya.

Untuk itu, ada beberapa cara untuk menjaga panci dan wajan keramik dalam kondisi prima dan tahan lama, sebagai berikut. 

Baca juga: 5 Manfaat Saus Tomat, Bersihkan Panci hingga Gagang Pintu

Memasak

Saat memasak menggunakan wajan atau panci keramik ini, hindari menggunakan peralatan logam, karena dapat menggores atau mengikis lapisan luar peralatan masak keramik. 

Sebagai gantinya, masak dengan sendok dan spatula dari silikon atau kayu.

Selain itu, Anda perlu menggunakan lebih sedikit minyak atau mentega saat memasak di wajan atau panci keramik dibandingkan dengan peralatan masak lainnya, dan hindari memasak di atas permukaan wajan yang kering.

Selanjutnya, tetap gunakan api kecil atau sedang saat memasak, hal ini akan membantu menjaga lapisan yang diawetkan dengan oven tetap utuh.

 

Baca juga: 4 Cara Mudah Bikin Wajan Berkilau Lagi

Menggunakan panas tinggi akan lebih cepat mengikis sifat antilengket lapisan. Terlebih lagi, lapisan ini dapat menghantarkan dan mendistribusikan panas dengan sangat baik sehingga Anda tidak perlu menggunakan panas yang lebih tinggi.

Penting juga untuk dicatat bahwa panci keramik aman untuk panas hingga suhu 260 derajat celsius. 

Pembersihan

Selalu biarkan wajan benar-benar dingin sebelum dibilas dan hindari langsung mencucinya setelah digunakan atau dalam keadaan panas.

Guncangan air dingin pada permukaan yang panas dapat merusak lapisan atau menyebabkan panci melengkung seiring waktu.

 

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X