Kompas.com - 26/02/2021, 19:28 WIB
Ilustrasi tanaman cabai rawit. KOMPAS.com/ALBERTUS ADITIlustrasi tanaman cabai rawit.

JAKARTA, KOMPAS.com - Harga cabai, khususnya cabai rawit mengalami peningkatan yang cukup tinggi di sejumlah wilayah di Indonesia, sehingga hal ini berdampak pada daya beli masyarakat.

Kenaikan harga cabai rawit yang melambung tinggi tentunya akan memberatkan para konsumen, terlebih kondisi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung telah mengakibatkan perekonomian yang sulit.

Karena harganya yang mahal, menanam cabai rawit di rumah menjadi solusi, seuntuk bisa menghemat pengeluaran. Kamu juga bisa mendapatkan cabai yang segar yang bisa kamu petik sendiri sesukamu.

Baca juga: Trik Menanam Cabai Menggunakan Botol Air Bekas

Lantas bagaimana cara menanam tanaman cabai rawit yang bisa dilakukan oleh seorang pemula?

Dikutip dari kanal Youtube Makmur Farm, Jumat (26/2/2021), berikut ini cara menanam cabai rawit bagi pemula.

1. Sediakan tanah

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam menanam cabai rawit adalah menyediakan tanah terlebih dahulu sebagai bahan media tanam.

2. Siapkan cabai rawit

Kemudian, siapkan bahan utamanya, yaitu cabai rawit. Kupas cabai rawit tersebut dan ambil bijinya untuk nanti kamu taburkan ke tanah yang sudah disediakan.

Baca juga: Garam dan Micin Bisa Bikin Tanaman Cabai Tumbuh Lebat, Ini Caranya

3. Siapkan pot

Selanjutnya, siapkan pot tanaman untuk kamu letakkan tanah. Ambil pot kecil dengan lubang drainase bagian bawah, tutup lubang dengan batu kecil dan isi dengan campuran pot.

4. Siapkan tanah atau pupuk organik atau kompos

Siapkan 70 persen pupuk organik dan 30 persen tanah pasir, lalu campurkan.
Dalam campuran pot ini kamu akan memberikan tingkat perkecambahan 90 sampai 95 persen dengan mudah.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X