Kompas.com - 11/05/2021, 04:02 WIB
Ilustrasi noda pada pakaian, noda cabai. SHUTTERSTOCK/FECUNDAP STOCKIlustrasi noda pada pakaian, noda cabai.

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun sangat digunakan dalam penyajian berbagai makanan, namun cabai yang telah diolah menjadi sambal atau sajian makanan lainnya, dapat meninggalkan noda membandel pada berbagai permukaan seperti karpet atau kain.

Jika noda dibiarkan terlalu lama pada permukaan kain atau karpet akan menyebabkan noda sulit untuk dibersihkan bahkan tidak bisa dibersihkan.

Dilansir dari Hunker, Selasa (11/5/2021) ada beberapa langkah untuk menghilangkan noda cabai pada pakaian dan karpet sebagai berikut.

Baca juga: 4 Bahan yang Ampuh Bersihkan Talenan Kayu dari Bakteri, Bau, dan Noda

1. Membersihkan noda cabai pada pakaian

Oleskan deterjen cair pada pakaian yang bernoda cabai, kemudian tunggu setidaknya satu menit. Setelah satu menit, segera cuci pakaian dengan memasukkannya ke mesin cuci.

Keluarkan pakaian dari mesin cuci dan periksa apakah noda sudah hilang. Cuci kembali pakaian dengan pemutih oksigen jika noda masih ada.

2. Membersihkan noda cabai pada karpet

Seka noda dengan tisu dapur sampai tidak ada noda berlebih yang dapat berpindah ke tisu dapur. Kemudian, oleskan alkohol gosok ke tisu dapur, dan tepuk-tepuk noda hingga Anda tidak bisa memindahkan warna dari noda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Jika alkohol tidak bisa membersihkan noda, oleskan campuran deterjen dan larutan air dengan komposisi seperempat cangkir deterjen dan satu liter air hangat.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Noda Spidol Permanen pada Benda-benda di Rumah

Tepuk campuran ke noda dengan handuk kertas hingga noda tertransfer ke handuk kertas tersebut.

Kemudian, bersihkan air sabun yang tersisa dengan menggunakan botol semprot berisi air. Basahi sedikit noda dengan air dan biarkan noda mengering.

Oleskan hidrogen peroksida 3 persen pada noda, diamkan selama 60 menit, dan bersihkan sisanya.



Sumber Hunker
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.