Kompas.com - 12/05/2021, 12:41 WIB
Ilustrasi mencuci jeans Unsplash/Ricardo Gomez AngelIlustrasi mencuci jeans

JAKARTA, KOMPAS.com - Celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit hampir semua orang. Setidaknya, setiap orang memiliki satu celana jeans dalam lemari pakaian mereka.

Celana jeans dapat menunjang penampilan terlihat stylish dan trendi meski tampilannya yang simple. Ditambah lagi, jeans merupakan fashion timeless alias tak ketinggalan zaman. Tak heran, membuat banyak orang sangat hati-hati mencuci jeans mereka. 

Baca juga: Trik Mencuci Celana Jeans Tetap Terawat dan Segar

Cara mencuci jeans yang tepat pun kerap menjadi perdebatan. Sebagian orang meyakini mencuci dengan tangan adalah cara terbaik dan beberapa menganggap mencuci memakai mesin adalah yang tepat. Bahkan ada pula yang meyakini tidak mencucinya sama sekali.

Lantas, manakah cara yang terbaik? Dilansir dari laman Good House Keeping, Rabu (12/5/2021), berikut ini cara terbaik mencuci celana jeans agar tetap awet. 

Baca juga: Daripada Numpuk, Ini 4 Cara Mendaur Ulang Pakaian Lama

Cuci Setiap Tiga Kali Pemakaian

Good Housekeeping Institute Cleaning and Textiles Labs mengatakan umumnya setiap jenis jeans membutuhkan perawatan yang sama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Institut dan laboratorium milik media Good Housekeeping itu menyarankan mencuci jeans setiap tiga hingga empat kali pemakaian untuk menjaga warna jeans tetap bersih dan material tetap awet. 

Baca juga: Bukan Setrika, Steamer Lebih Baik Digunakan untuk Merapikan Pakaian

Balik Jeans Sebelum Dicuci

Tak peduli celana jeans baru atau lama, Anda harus selalu membalik jeans dari dalam ke luar sebelum mencuci atau memasukkannya ke dalam mesin cuci.

Hal ini membantu meminimalkan abrasi yang menyebabkan warna memudar dan kekuatan material mengendur, yang dapat terjadi di sepanjang keliman, saku, serta lipatan depan perut dan ikat pinggang. 

Baca juga: Bukan Setrika, Steamer Lebih Baik Digunakan untuk Merapikan Pakaian

Jangan lupa mengancingkan kancing jeans dan ritsleting agar membantu menjaga bahan jeans tetap kuat dan mencegah barang lain tersangkut dalam muatan.

Pisahkan Jeans Berbeda Warna

Meski materialnya sama, setiap jeans memiliki warna berbeda, dari gelap, medium, sampai terang. Pisahkan jeans berwarna terang dan gelap saat mencuci. 

Baca juga: Tips Mencuci Pakaian Berwarna Gelap agar Tidak Luntur

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X