Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerap Jadi Perdebatan, Ini Cara Terbaik Mencuci Jeans agar Tetap Awet

Kompas.com - 12/05/2021, 12:41 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Celana jeans menjadi salah satu item fashion favorit hampir semua orang. Setidaknya, setiap orang memiliki satu celana jeans dalam lemari pakaian mereka.

Celana jeans dapat menunjang penampilan terlihat stylish dan trendi meski tampilannya yang simple. Ditambah lagi, jeans merupakan fashion timeless alias tak ketinggalan zaman. Tak heran, membuat banyak orang sangat hati-hati mencuci jeans mereka. 

Baca juga: Trik Mencuci Celana Jeans Tetap Terawat dan Segar

Cara mencuci jeans yang tepat pun kerap menjadi perdebatan. Sebagian orang meyakini mencuci dengan tangan adalah cara terbaik dan beberapa menganggap mencuci memakai mesin adalah yang tepat. Bahkan ada pula yang meyakini tidak mencucinya sama sekali.

Lantas, manakah cara yang terbaik? Dilansir dari laman Good House Keeping, Rabu (12/5/2021), berikut ini cara terbaik mencuci celana jeans agar tetap awet. 

Baca juga: Daripada Numpuk, Ini 4 Cara Mendaur Ulang Pakaian Lama

Cuci Setiap Tiga Kali Pemakaian

Good Housekeeping Institute Cleaning and Textiles Labs mengatakan umumnya setiap jenis jeans membutuhkan perawatan yang sama.

Institut dan laboratorium milik media Good Housekeeping itu menyarankan mencuci jeans setiap tiga hingga empat kali pemakaian untuk menjaga warna jeans tetap bersih dan material tetap awet. 

Baca juga: Bukan Setrika, Steamer Lebih Baik Digunakan untuk Merapikan Pakaian

Balik Jeans Sebelum Dicuci

Tak peduli celana jeans baru atau lama, Anda harus selalu membalik jeans dari dalam ke luar sebelum mencuci atau memasukkannya ke dalam mesin cuci.

Hal ini membantu meminimalkan abrasi yang menyebabkan warna memudar dan kekuatan material mengendur, yang dapat terjadi di sepanjang keliman, saku, serta lipatan depan perut dan ikat pinggang. 

Baca juga: Bukan Setrika, Steamer Lebih Baik Digunakan untuk Merapikan Pakaian

Jangan lupa mengancingkan kancing jeans dan ritsleting agar membantu menjaga bahan jeans tetap kuat dan mencegah barang lain tersangkut dalam muatan.

Pisahkan Jeans Berbeda Warna

Meski materialnya sama, setiap jeans memiliki warna berbeda, dari gelap, medium, sampai terang. Pisahkan jeans berwarna terang dan gelap saat mencuci. 

Baca juga: Tips Mencuci Pakaian Berwarna Gelap agar Tidak Luntur

Hal ini bertujuan menghindari risiko terkena lunturan dari jeans berwarna gelap ke jeans berwarna terang. Untuk itu, cuci dan keringkan jeans yang berbeda warna dalam muatan terpisah. 

Gunakan Detergen Khusus Jeans

Ketika mencuci, sebaiknya menggunakan detergen khusus jeans yang dirancang untuk mempertahankan warna. Detergen ini mengandung bahan yang membantu kain menahan pewarna dan menonaktifkan klorin dalam air yang dapat memudarkan warna. 

Baca juga: 6 Alasan Kamu Perlu Steamer untuk Merapikan dan Melicinkan Pakaian

Selain itu, jangan lupa merendam jeans menggunakan air dingin cukup sebentar saja.

Keringkan Sebentar

Saat mengeringkan jeans, pastikan tidak membalikkan kembali celana jeans yang sudah dilakukan di awal. Keringkan jeans menggunakan mesin pengering dengan siklus pelan dan pengaturan panas yang rendah, kecuali jika label perawatan mengarahkan sebaliknya. 

Baca juga: 9 Tips Mencuci agar Pakaian Kesayangan Lebih Awet

Masukkan beberapa bola pengering untuk membantu menjaganya tetap berguling sehingga mengering lebih merata. Sebaiknya, tidak mengeringkan terlalu lama di mesin pengering. 

Biarkan Mengering Sendiri

Jeans sebenarnya akan bertahan lebih lama dan bentuknya lebih baik jika dikeluarkan dari mesin pengering saat dalam kondisi agak lembap. Cukup kebaskan jeans, ratakan kerutan, lalu gantung jeans, dan biarkan mengering dengan sendirinya. 

Baca juga: Begini Cara Menghilangkan Bau Apek dari Pakaian

Mengeringkan jeans secara berlebihan di dalam mesin pengering dapat menyebabkan jeans menyusut serta suhu yang terlalu tinggi dapat mengeringkan dan merusak spandeks atau elastane pada kain yang membuatnya melar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com