Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Memilih Deterjen yang Tepat untuk Mencuci Pakaian

Kompas.com - 18/03/2021, 13:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Soal deterjen untuk mencuci pakaian, banyak konsumen setia pada satu merek deterjen karena satu dan lain hal. Ada juga yang membeli deterjen dengan merek apapun, yang penting harganya murah atau sedang diskon.

Namun demikian, dikutip dari The Spruce, Kamis (18/3/2021), dalam survei yang dilakukan YouGov Analysis Insitute, terungkap bahwa 52 persen konsumen memilih deterjen berdasarkan kemampuannya dalam menghilangkan noda. Sementara itu, 48 persen konsumen memilih deterjen karena wanginya.

Dengan banyaknya produk deterjen yang dijual di pasaran, kerap kali sulit memilih deterjen yang sesuai dengan anggaran Anda, mampu membersihkan pakaian, wanginya sesuai selera Anda dan keluarga, serta ramah lingkungan.

Baca juga: Alasan Tak Boleh Pakai Terlalu Banyak Deterjen Saat Mencuci Pakaian

Berikut ini cara memilih deterjen yang bagus untuk mencuci pakaian Anda sekeluarga.

Deterjen bubuk atau deterjen cair?

Pada dasarnya, semua bentuk deterjen akan membersihkan pakaian dengan baik. Akan tetapi, deterjen cair sangat efektif untuk menghilangkan noda berminyak dan dapat dengan mudah digunakan sebagai penanganan untuk menghilangkan noda.

Masalah paling umum dengan penggunaan deterjen cair adalah penggunaan terlalu banyak per muatan atau overdosis. Tutup botol deterjen seringkali sulit dibaca dan konsumen menggunakan terlalu banyak, akhirnya meninggalkan residu pada pakaian.

Deterjen bubuk biasanya lebih murah untuk digunakan per muatan. Deterjen paling efektif untuk noda lumpur dan kotoran yang menempel.

Baca juga: Pembersih Pakaian Alternatif Pengganti Deterjen, Apa Saja?

Deterjen bubuk dapat menjadi masalah jika Anda memiliki air yang sangat dingin atau hanya menggunakan air dingin untuk mencuci karena mungkin tidak larut sepenuhnya. Selalu tambahkan deterjen bubuk ke tabung mesin cuci sebelum pakaian dan air ditambahkan.

Jika Anda mengalami masalah dengan residu, campur deterjen dengan satu liter air panas dan tambahkan langsung ke drum mesin cuci sebelum mencuci cucian.

Deterjen bubuk dan deterjen cair dapat digunakan di semua suhu air dan hampir semua merek sekarang diformulasikan untuk digunakan dalam mesin cuci berefisiensi tinggi atau standar. Cari simbol HE (High Eficiency) untuk memastikannya.

Jenis deterjen cair dan bubuk tersedia dalam bentuk pekat atau ultra. Pastikan untuk membaca label untuk memastikan Anda menggunakan jumlah yang benar untuk setiap beban cucian.

Halaman:
Sumber The Spruce
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com