Kompas.com - 11/05/2021, 22:27 WIB
Ilustrasi merapikan pakaian atau barang-barang Unsplash/Sarah BrownIlustrasi merapikan pakaian atau barang-barang

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian besar orang masih menyimpan baju lama mereka di lemari meski tidak lagi digunakan. Padahal, terus menyimpan pakaian tersebut hanya akan menambah pekerjaan rumah lantaran harus selalu dirapikan.

Sebaliknya, dengan menyingkirkannya, dapat membantu Anda untuk tidak sering membereskan lemari dan membuat ruang penyimpanan menjadi lebih luas. 

Baca juga: Catat, 7 Penyebab Pakaian Bolong Setelah Dicuci

Namun, perlu diingat bahwa menyingkirkan pakaian bekas bukan berarti membuangnya, melainkan memanfaatkan kembali alias mendaur ulangnya. Dengan demikian, Anda bisa tetap menjaga bumi.

Ada banyak cara untuk mendaur ulang pakaian. Melansir dari laman Reader’s Digest, Selasa (11/5/2012), berikut ini cara-cara yang bisa dilakukan untuk mendaur ulang pakaian. 

Baca juga: Bukan Setrika, Steamer Lebih Baik Digunakan untuk Merapikan Pakaian

Donasi

Menyumbangkan pakaian lama ke toko barang bekas amal merupakan opsi daur ulang pakaian yang paling tepat. Organisasi nonprofit ini akan menjual kembali pakaian bekas Anda untuk mendukung program bagi komunitas yang kurang mampu.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Apa pun yang tidak dapat mereka jual di lokasi toko akan dibawa ke pusat daur ulang tekstil lokal,” kata Lauren Olson, manajer zero waste atau tanpa sampah di WorldCentric. 

Baca juga: 5 Kesalahan Saat Mencuci Pakaian, Jangan Diulangi Lagi Ya!

Selain ke toko barang bekas amal, tempat penampungan hewan juga sering menerima pakaian atau barang bekas seperti handuk dan seprai tua.

Barang itu digunakan untuk melapisi kandang hewan peliharaan, mengeringkan anjing basah, dan banyak lagi. Anda bisa menyumbangkan pakain bekas atau lama ke tempat tersebut.  

Baca juga: 8 Proyek Daur Ulang Pakaian Bayi yang Sudah Tak Terpakai

Menjual Kembali

Saat ini, ada banyak platform yang menjual pakaian bekas. Anda bisa menjual pakaian bekas atau lama di platform tersebut. Bisa pula menjualnya secara online memanfaatkan media sosial.

Bahkan, beberapa brand fashion, seperti Madewell, menawarkan program daur ulang pakaian. Mereka memberikan diskon pembelian bagi pelanggan yang menukar jeans lama dengan jeans baru. 

Baca juga: Pentingnya Menjaga Pakaian Tetap Bersih dan Bebas Kuman

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X