Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Perlu ke Laundry, Begini Cara Tepat Mencuci Jaket Parasut

Kompas.com - 11/05/2021, 20:00 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jaket parasut merupakan salah satu jenis pakaian yang berfungsi menahan hawa dingin, angin, serta paparan air saat dikenakan.

Karena bahannya dapat menangkal air, tak sedikit orang merasa kebingungan saat ingin mencuci jaket parasut. Padahal, jaket parasut dapat dicuci menggunakan air. Hanya saja, metode pencuciannya berbeda dengan pakaian meterial lainnya. 

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Cabai pada Pakaian hingga Karpet

Berikut ini cara tepat mencuci jaket parasut agar tidak merusaknya dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (11/5/2021).

Mencuci dengan Tangan

Untuk mencuci jaket parasut, sebenarnya ada dua metode pencucian yang bisa dilakukan, yakni mencuci dengan tangan dan mesin cuci

Baca juga: Baju Baru Lebaran Perlu Dicuci atau Tidak? Ini Penjelasannya

Namun, lebih disarankan untuk mencucinya menggunakan tangan guna menghindari risiko kerusakan bahan, ritsleting, dan warna. Berikut cara mencuci jaket parasut menggunakan tangan. 

  • Sebelum mencuci, bersihkan jaket parasut terlebih dahulu dari segala macam kotoran yang melekat dengan mengibas-ngibasnya.
  • Setelah itu, tutup semua ritsleting atau kancingnya serta kendurkan tali elastisnya apabila ada.
  • Untuk mencuci jaket parasut, dianjurkan menggunakan sabun atau detergen khusus untuk bahan kedap air. Mengingat, parasut merupakan jenis kain yang terbuat dari polyester yang memiliki sifat ringan, tipis, dan mampu menangkal air.
  • Namun, apabila sulit menemukan detergen khusus tersebut, detergen biasa juga bisa digunakan. Sebaiknya, gunakan detergen cair atau liquid.
  • Pilih detergen cair yang lembut, lalu rendam jaket parasut selama 15 menit. Setelah itu, kucek dengan tangan dan bilas dengan air bersih.
  • Disarankan membilasnya sebanyak dua kali untuk memastikan tidak ada residu yang tertinggal. 

Baca juga: Musim Hujan Bikin Baju Susah Kering? Coba Lakukan Ini

Mencuci dengan Mesin Cuci

Ini adalah opsi untuk kamu yang mungkin tidak mau keluar tenaga. Namun, ingat lakukan dengan hati-hati.

Mesin cuci tidak akan merusak bahan dan serat kain jaket parasut selama mode pencuciannya tepat dan mengikuti anjuran pencucian pada label yang menempel di dalam jaket parasut. 

Baca juga: Mengenal Jenis-jenis Gantungan Baju dan Kegunaannya

Berikut ini cara mencuci jaket parasut menggunakan mesin cuci.

  • Apabila ada noda atau kotoran di jaket parasut, bersihkan terlebih dahulu dengan merendam dan menguceknya secara manual.
  • Setelah itu, tutup ritsleting jaket dan kendurkan tali elastisnya. Masukkan jaket parasut ke dalam mesin cuci dan tuang detergen lembut.
  • Pilih suhu air dan siklus pencucian sesuai dengan petunjuk perawatan yang tertera pada label jaket. Jika tidak ada petunjuk, gunakan suhu air dingin dan siklus pencucian delicate atau handwash.
  • Setelah siklus pencucian selesai, masukkan jaket parasut ke mesin pengering. Atur waktu pengeringan tidak lebih dari lima menit.
  • Jemur jaket parasut di tempat terbuka yang berangin, tapi jangan biarkan terpapar sinar matahari secara langsung. 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com