Kompas.com - 11/05/2021, 16:05 WIB
Ilustrasi bunga mawar Unsplash/Jonathan BeanIlustrasi bunga mawar

JAKARTA, KOMPAS.com - Mawar menjadi salah satu bunga yang sering digunakan untuk buket bunga. Batang yang kuat, kokoh, serta aroma yang khas membuat mawar selalu menjadi buket bunga terfavorit.

Dilansir dari The Spruce, Selasa (11/5/2021), salah satu jenis mawar yang biasa dijadikan buket bunga atau bunga potong adalah Hybrid tea. Mawar jenis ini sangat produktif, mereka dapat memiliki lebih dari 60 kelopak dan lebarnya mencapai lima inci. 

Baca juga: Mengapa Mawar Tidak Berbunga? Ternyata Ini Penyebabnya

Lantas, bagaimana caranya menjadikan mawar sebagai bunga potong atau buket bunga yang dimasukkan ke vas untuk diletakkan di dalam rumah? Berikut langkah-langkah yang bisa dicoba. 

Petik Mawar pada Sore Hari

Waktu terbaik untuk memotong mawar adalah setelah pukul 15.00 atau saat cadangan makanan paling banyak. Ini akan memberi bunga mawar kekuatan yang dapat membuatnya bertahan lama saat dijadikan bunga potong atau buket bunga. 

Baca juga: Tips Menanam Bunga Air Mancur yang Menjuntai dan Cantik

Pilih Mawar yang Masih Kuncup 

Pilih kuncup mawar yang tampak mulai terbuka, tetapi tidak lebih dari sepertiga hingga setengahnya terbuka penuh. Sebab, mawar yang masih kuncup masih akan bermekar saat dijadikan buket sehingga lebih tahan lama. Sebaliknya, bunga mawar yang mekar penuh tidak akan bertahan lama. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Potong Batang dengan Alat yang Tajam 

Selalu gunakan pemangkas atau alat potong yang bersih dan tajam saat memotong tangkai atau batang bunga. Hal ini bertujuan mencegah kerusakan pada batang mawar saat pemotongan dan penyebaran penyakit. 

Baca juga: Selain Kuning, Bunga Matahari Ada yang Cokelat, Ini Cara Merawatnya

Sisakan Daun 

Kebanyakan buket bunga mawar merah membuang semua daun dari batang. Padahal, menyisakan setidaknya tiga daun di batang dapat membuat bunga lebih awet. Sebab, daun berfungsi memberi makan bunga. 

Namun, sebaiknya menyisahkan daun yang terdapat di bagian atas batang bunga. Sebab, daun di bagian bawah atau terkena air hanya akan mengubah air menjadi busuk dan mungkin juga membusukkan batangnya. 

Baca juga: 5 Fakta Menarik Bunga Krisan, Bisa untuk Obat hingga Minuman

Gunakan Pengawet Bunga 

Setelah itu, segera masukkan mawar ke vas yang sudah berisi air. Lalu tambahkan pengawet bunga atau sedikit perasan lemon.

Bisa pula memakai perasaan lemon dan satu sendok makan gula ke dalam vas atau menambahkan beberapa tetes pemutih. Hal ini bertujuan memberi makanan pada mawar dan mencegah masalah jamur. 

Baca juga: 7 Cara Dekor Ruangan dengan Bunga Plastik agar Terlihat Natural

Letakkan di Tempat Sejuk 

Letakkan bunga mawar potong atau buket bunga di tempat sejuk yang terhindar dari sinar matahari langsung sebelum Anda memajangnya. Ini memungkinkan mawar menyesuaikan secara perlahan dan memperpanjang umur mereka. 

Rutin Mengganti Air 

Gantilah air dalam vas bunga setiap kali mulai keruh. Air yang keruh bisa jadi penyebab mawar layu lantaran air tidak dapat mengalir melalui batangnya. 

Baca juga: 8 Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

Setelah itu, potong kembali bagian bawah batang, lalu rendam dalam air hangat dan biarkan selama sekitar satu jam sebelum menggantinya ke dalam vas. Hal ini agar mawar membuka sistem vaskular mereka dan membiarkan air naik melalui batang.



Sumber The Spruce
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X