Kompas.com - 11/05/2021, 14:24 WIB
Ilustrasi tanaman hias Aglonema Pride of Sumatra. SHUTTERSTOCK/UNTUNGSUBAGYOIlustrasi tanaman hias Aglonema Pride of Sumatra.

JAKARTA, KOMPAS.com - Aglonema atau sri rezeki adalah tanaman hias populer dari suku talas-talasan alias Araceae yang terdiri atas 30 spesies atau jenis.

Tanaman ini sedang digandrungi banyak pencinta tanaman hias karena paras daunnya yang memikat mata saat dipandang, terlebih untuk aglonema yang rimbun dan subur. 

Baca juga: 4 Jenis Pupuk yang Dapat Menyuburkan Tanaman Aglonema

Tanaman aglonema yang rimbun dan subur menjadi alasan utama orang menanam, mengoleksi, dan merawat aglonema. Banyak orang berusaha agar aglonema miliknya bisa rimbun dan subur sehingga membuat tampilannya makin eksotis saat dipajang di mana pun.

Namun, bagaimanakah cara merawat tanaman aglonema agar bisa rimbun dan subur Setidaknya, ada beberapa tahapan perawatan yang harus dilalui untuk membuat aglonema rimbun dan subur

Baca juga: Simak, Begini Cara Menanam Aglonema agar Tumbuh Subur

Tahapan itu dimulai dari melakukan penyiraman air biasa, penyiraman air leri atau air bekas cucian beras, hingga pemupukan dengan cara penyiraman atau penyemprotan menggunakan air leri yang dicampur pupuk growmore.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut ini cara merawat aglonema agar rimbun dan subur dikutip dari kanal YouTube Hobi Bunga, Selasa (11/5/2021). 

Baca juga: Cara Menanam Aglonema Tanpa Akar agar Tidak Layu atau Busuk

Siram Aglonema dengan Air Biasa

Tidak hanya pupuk, menyiram aglonema dengan air biasa harus tetap dilakukan. Lakukan penyiraman setiap tiga hari sekali saat musim panas dan dua hari sekali saat musim hujan.

Siramkan air ke bagian bonggol (bagian atas dari sela-sela akar) dan media tanaman aglonema. Siram secukupnya dan jangan berlebihan sehingga membuat banjir di media tanam. 

Baca juga: Cara Merawat Aglonema agar Subur dan Banyak Akar

Siram dengan Air Leri

Setelah melakukan penyiraman dengan air biasa, dua sampai tiga hari berikutnya kamu bisa menyiramkan air leri. Siramkan air leri ke bagian bonggol dan media tanam aglonema secukupnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X