Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Setrika, Steamer Lebih Baik Digunakan untuk Merapikan Pakaian

Kompas.com - 08/05/2021, 17:33 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam urusan menyetrika atau merapikan pakaian agar bebas kusut dan lecek, terdapat dua pilihan perangkat elektronik yang bisa digunakan orang-orang saat ini, yakni menggunakan setrika atau steamer.

Jika masih asing dengan steamer, ini merupakan alat uap pakaian vertikal yang dirancang untuk merapikan pakaian secara cepat hanya dengan menggantung pakaian, tanpa perlu memasang papan setrika.

Cara kerja atau penggunaan steamer adalah hanya dengan menempelkannya ke pakaian kusut dan lecek yang digantung. Uap yang dihasilkan steamer membuat pakaian jadi licin dan bebas kusut secara instan.

Baca juga: Kelebihan Setrika Uap dalam Menyetrika Pakaian

Meskipun steamer dan setrika secara teknis melakukan hal yang sama untuk menghilangkan kusut pada pakaian, tapi steamer dan setrika memiliki beberapa perbedaan.

Dan steamer mungkin merupakan investasi yang lebih baik daripada yang lain, tergantung pada preferensi dan gaya hidupmu.

Dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (8/5/2021), berikut ini adalah beberapa alasan mengapa steamer mungkin lebih cocok untuk digunakan daripada setrika.

1. Steamer cenderung tak merusak pakaian

Jika kamu pernah tak sengaja membakar pakaianmu saat disetrika, kamu tahu bahwa menggunakan setrika memiliki risiko akan hal ini, sehingga kegiatan menyetrika membutuhkan lebih banyak perhatian.

Baca juga: Menambahkan Aromaterapi Pada Semprotan Setrika Bisa Tingkatkan Mood

“Saat menggunakan setrika, kamu perlu lebih berhati-hati dan harus menyetelnya ke suhu yang benar, berdasarkan label perawatan pakaianmu. Kamu harus menaikkan suhu setrika dengan benar untuk pakaian tertentu, menurunkannya untuk pakaian lain,” kata Melissa Maker, ahli pembersih dan pendiri Clean My Space.

Untungnya, steamer tidak mungkin merusak pakaian, karena tidak ada logam panas yang bersentuhan langsung dengan pakaian.

2. Merapikan pakaian dengan steamer tidak membutuhkan teknik

Menyetrika itu seperti seni. Untuk melakukannya secara efektif, siapa pun yang menyetrika perlu menguasai teknik menggerakkan pakaian di sekitar papan setrika dan cara menekan bagian tertentu pada pakaian.

Jika mencari metode menghilangkan kerutan pada pakaian dengan mudah dan cepat, steamer mungkin lebih cocok untuk digunakan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com