Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Bahan Ini Efektif Hilangkan Noda Deodoran di Pakaian

Kompas.com - 05/05/2021, 16:36 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengaplikasikan deodoran ke ketiak menjadi salah satu cara umum untuk mencegah bau tak sedap atau bau ketiak. Namun, pemakaian deodoran di ketiak bisa memberi masalah lain, yakni memunculkan noda pada pakaian yang digunakan. 

Baca juga: 5 Bahan Pengganti Pemutih untuk Mencuci Pakaian, Apa Saja?

Noda yang muncul pada pakaian disebabkan kandungan garam dalam keringat bercampur dengan kandungan deodoran. Ketika noda deodoran muncul di pakaian, tentu hal ini membuat tampilan pakaian menjadi tak menarik.

Apabila kamu mengalami masalah seperti ini, berikut adalah bahan pembersih yang efektif menghilangkan noda deodoran pada pakaian dilansir dari beberapa sumber, Rabu (5/5/2021). 

Baca juga: 7 Bahan Ini Bisa Membantu Anda Mencuci Pakaian, Lemon hingga Garam

Cuka Putih 

Ilustrasi cuka, cuka putih. PIXABAY/NATUREFRIEND Ilustrasi cuka, cuka putih.

Salah satu cara terbaik menghilangkan noda deodoran pada pakaian adalah dengan cuka putih. Rendam pakaian yang terkena noda deodoran dalam semangkuk cuka putih untuk membantu mengangkat noda dan menghilangkan bau yang menempel.

Rendam selama satu jam, lalu gosok perlahan dengan sikat dan lakukan mencuci pakaian seperti biasa. 

Baca juga: Tips Mencuci Pakaian Berwarna Gelap agar Tidak Luntur

Lemon 

Ilustrasi lemon.eatthis.com Ilustrasi lemon.

Noda deodoran umumnya sensitif terhadap zat asam. Oleh karena itu, bahan-bahan yang mengandung zat asam seperti lemon dapat kamu manfaatkan untuk membersihkan pakaian yang terkena noda deodoran.

Kamu bisa menggunakan lemon untuk menghilangkan noda deodoran yang membandel. Caranya pun mudah. Cukup peras lemon dan ambil air perasannya untuk merendam bagian pakaian yang terkena noda deodoran. 

Diamkan selama beberapa saat, kemudian sikat pakaian, khususnya area bekas noda sampai bersih. 

Baca juga: Catat, 7 Penyebab Pakaian Bolong Setelah Dicuci

Soda Kue 

Ilustrasi baking sodaPixabay/Azza_Hafizah Ilustrasi baking soda

Soda kue atau baking soda dapat bekerja dengan baik pada noda apa pun, termasuk deodoran. Campurkan baking soda dengan sedikit air untuk membentuk pasta yang dapat membantu mengangkat noda. 

Oleskan pasta ke noda deodoran, diamkan selama 20 menit hingga semalaman, tergantung tingkat keparahan noda. Setelah itu, lakukan metode pencucian biasa. 

Baca juga: 5 Cara agar Pakaian Tidak Kaku Setelah Dijemur

Aspirin

Ilustrasi aspirin. Obat pereda nyeri yang memiliki peranan penting dalam sejarah panjang farmasi di dunia. Aspirin telah digunakan sebagai pengobatan selama ribuan tahun, bahkan selama berabad-abad.Shutterstock Ilustrasi aspirin. Obat pereda nyeri yang memiliki peranan penting dalam sejarah panjang farmasi di dunia. Aspirin telah digunakan sebagai pengobatan selama ribuan tahun, bahkan selama berabad-abad.

Hancurkan beberapa obat aspirin menjadi bubuk, lalu campur dengan air dan aduk rata sampai menjadi pasta. Aspirin dapat menjadi pilihan yang baik untuk membantu merawat pakaian putih yang terkena noda deodoran. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com